Share

Analisis BMKG Terkait Gempa di Banyu Biru Jawa Tengah Pagi Ini

Binti Mufarida, MNC Portal · Sabtu 27 Mei 2023 09:52 WIB
https: img.okezone.com content 2023 05 27 337 2820887 analisis-bmkg-terkait-gempa-di-banyu-biru-jawa-tengah-pagi-ini-cZ88LpDHIg.jpg

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa M2,4 telah mengguncang wilayah Banyu Biru, Jambu dan sekitarnya, Sabtu, 27 Mei 2022 pukul 04.47.02 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M2.4, episenter gempabumi terletak pada koordinat 7.31 LS ; 110.33 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 km Timur Laut Temanggung, Jawa Tengah pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan resminya.

Daryono mengatakan berdasarkan hasil pemodelan peta guncangan (shakemap), gempabumi ini dirasakan di Kecamatan Banyu biru dan jambu Kab Semarang, Jawa Tengah dengan skala intensitas I - II MMI (Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang dan Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” tegas Daryono.

Selain itu, Daryono mengungkapkan hingga pukul 06.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Follow Berita Okezone di Google News

(kha)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini