Share

3 Kerajaan Luar Negeri yang Pernah Berhubungan dengan Kerajaan Nusantara

Tika Vidya Utami, Litbang Okezone · Minggu 19 Maret 2023 05:11 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 18 337 2783475 3-kerajaan-luar-negeri-yang-pernah-berhubungan-dengan-kerajaan-nusantara-T6dD310t94.jpg Kerajaan Sriwijaya/Foto: Wikipedia

JAKARTA - Berdasarkan riwayatnya, terdapat beberapa kerajaan dari luar negeri yang pernah berhubungan dengan kerajaan di yang ada di kepulauan Nusantara. Kerajaan ini menjalankan hubungan guna memperluas ekspansinya.

Berikut kerajaan luar negeri yang pernah berhubungan dengan kerajaan di Nusantara.

1. Kerajaan Chola dengan Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Chola merupakan Kerajaan di India Selatan yang dipimpin oleh Dinasti Chola Keturunan Suku Tamil. Chola kadang disebut juga Colamandala yang menjadi salah satu dinasti yang berkuasa paling lama. Diperkirakan Dinasti ini sudah ada sejak abad ke-3 SM.

Di masa kejayaannya, pengaruh Chola membentang dari Maladewa hingga ke Kerajaan Sriwijaya. Pada 985-1014, hubungan Kerajaan Sriwijaya dan Chola terjalin baik.

Tetapi saat Kerajaan Chola dipimpin oleh Rajendra Chola I yang memerintah pada 1014-1044, hubungannya memburuk. Rajendra Chola I bahkan tidak segan menyerang Kerajaan Sriwijaya. Selain itu, Prasasti Tanjore menjadi bukti Kerajaan Chola menyerang Sriwijaya pada 1017 dan 1025.

2. Kerajaan Mongol dan Kerajaan Majapahit

Pada abad ke-13 Masehi, Kerajaan Mongol yang dipimpin oleh Kubilai Khan adalah kerajaan yang dikenal kuat. Saat itu, Kerajaan Mongol mempunyai wilayah kekuasaan yang tersebar di beberapa negara seperti Rusia, Asia Tengah, China, Irak, Polandia hingga Asia Tenggara.

Follow Berita Okezone di Google News

Diketahui, pasukan Mongol pun berusaha untuk menguasai tanah Jawa tapi mampu dikalahkan oleh Raden Wijaya, pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Majapahit. Pasukan Mongol pun terpaksa mundur dari tanah Jawa.

 

3. Kerajaan Palla dan Kerajaan Sriwijaya

 

Prasati Nalanda ditemukan pada 1921 di Bihar, Nalanda, India. Dalam Prasasti Nalanda ini dijelaskan mengenai Raja Devapaladeva dari Kerajaan Palla, India. Diketahui, Raja Devapaladeva mengabulkan permintaan Sri Maharaja dari Swarnadvipa atau Sriwijaya guna membangun biara Buddha di Nalanda.

Prasasti juga menyebutkan lima desa di Calcutta (saat ini Kolkata) India dibebaskan dari pajak guna keperluan misi agama Buddha di Kerajaan Sriwijaya.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini