Share

Henry Surya Kembali Jadi Tersangka, Polisi Kejar Aset Rp3 Triliun di Kasus KSP Indosurya

Bachtiar Rojab, MNC Media · Kamis 16 Maret 2023 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 16 337 2782416 henry-surya-kembali-jadi-tersangka-polisi-kejar-aset-rp3-triliun-di-kasus-ksp-indosurya-oYMbPicXUQ.jpg Bos KSP Indosurya, Henry Surya (berbaju orange tahanan) kembali ditetapkan menjadi tersangka. (Foto: MPI)

 

JAKARTA - Bareskrim Polri menetapkan Henry Surya sebagai tersangka kasus pemalsuan pendirian Koperasi Simpan Pinjam Indosurya Cipta (KSP Indosurya).

Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan menjelaskan, terdapat aset Henry senilai Rp3 triliun yang masih berkeliaran.

BACA JUGA:

Henry Surya Bos KSP Indosurya Kembali Jadi Tersangka TPPU, Ditahan di Rutan Bareskrim 

"Kami pun lagi mengedepankan, mencari aset-aset, tracing aset dan hasil kordinasi kami dengan teman-teman jaksa pun, kita dan bisa menilai mendapatkan dugaan, dugaan kurang lebih sekitar Rp3 triliun aset yang akan kita kejar kembali," ujar Whisnu di Bareskrim Polri, Kamis (16/3/2023).

Dia melanjutkan, kepolisian bakal menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) hingga kejaksaan guna melacak aset tersebut.

"Dengan bersama-sama dengan teman teman PPATK dan dari kejaksaan untuk memburu aset-aset yang masih belum kita sita," imbuhnya.

Dittipideksus Bareskrim Polri kembali menetapkan Henry Surya, bos Koperasi Simpan Pinjam Indosurya Cipta (KSP Indosurya) sebagai tersangka dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dan pemalsuan surat KSP Indosurya.

Follow Berita Okezone di Google News

Henry bakal ditahan di rutan Bareskrim Polri. Ia, ditahan selama 20 hari kedepan sejak 15 Maret 2023 kemarin.

"Dan tersangka HS akan ditahan di Rutan Bareskrim 20 hari ke depan sejak tanggal 15 kemarin hingga bulan April 2023," ujar Whisnu dalam jumpa pers di Bareskrim Polri, Kamis (16/3/2023).

Akibat adanya tindakan tersebut, Henry bakal dijerat Pasal 263 KUHP, 266 KUHP, dan UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini