Share

Mengenal Santos Gunawan Matondang, Jenderal TNI yang Punya Tiga Brevet

Tim Okezone, Okezone · Selasa 14 Maret 2023 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 14 337 2780601 mengenal-santos-gunawan-matondang-jenderal-tni-yang-punya-tiga-brevet-MKqKsmMRjU.jpeg Santos Gunawan Matondang. (Foto: Dok Ist)

JAKARTA - Mayor Jenderal TNI Santos Gunawan Matondang sukses menjabat sebagai Panglima Kodam XIII/Merdeka pada 2020. Jenderal bintang dua yang telah penisun pada 2021 ini memiliki tiga brevet selama berkarier di militer.

Santos Gunawan Matondang lahir pada 12 Juni 1963. Selama aktif di militer, dia sempat menduduki berbagai posisi strategis, yakni Asisten Pengamanan KSAD, Wakil Komandan Sesko TNI, Wakil Komandan Jenderal Akademi TNI, dan Kepala Pusat Penerangan TNI.

Mengutip Sindonews, dari rekam jejak yang telah dilaluinya, Santos Gunawan Matondang berhasil mengoleksi tiga brevet yang melambangkan keterampilan dan tanda kehormatannya sebagai prajurit.

Berikut 3 brevet yang dimiliki Mayjen TNI (Purn) Santos Gunawan Matondang:

1. Brevet Komando Kopassus

Brevet ini diperuntukkan bagi prajurit yang telah melaksanakan pendidikan Kopassus selama tujuh bulan tanpa henti. Santos Gunawan Matondang sempat mengemban tugas sebagai Asisten Logistik Danjen Kopassus, Komandan Satuan 81 Kopassus, Komandan Pusat Pendidikan Pasukan Khusus, dan Pamen Ahli Danjen Kopassus. Untuk itu tak heran bila dia memiliki Brevet Komando Kopassus.

2. Brevet Free Fall

Santos Gunawan Matondang juga mendapatkan brevet ini setelah melalui pendidikan terjun bebas yang meliputi pengetahuan alat dan kelengkapan free fall, teknik melipat payung, teknik keluar pesawat, teknik melayang, teknik kemudi/mendarat dan aplikasi penerjunan dengan teknik HAHO/HALO. 

Follow Berita Okezone di Google News

3. Brevet Jump Master

Ada juga Brevet Jump Master yang didapat setelah menguasai teknik pelipatan parasut, teknik spotting, teknik exit, teknik melayang, teknik mengemudi, teknik pattern, dan teknik pendaratan serta emergency procedure.

Selain ketiga brevet di atas, Mayjen TNI Santos Gunawan juga memiliki Pin Unhan sebagai penghargaan atas jasanya di dunia pendidikan TNI. Mengingat dirinya pernah mengemban jabatan sebagai Wadanjen Akademi TNI pada 2018 dan Danpusdikpassus tahun 2012.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini