Share

Prabowo Bocorkan Alutsista Baru, di Antaranya Pesawat Tempur dari Prancis

Bachtiar Rojab, MNC Media · Kamis 09 Maret 2023 05:58 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 09 337 2777888 prabowo-bocorkan-alutsista-baru-di-antaranya-pesawat-tempur-dari-prancis-rvBSjMsH3a.jpg Menhan Prabowo Subianto (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membocorkan perjanjian Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista) yang bakal segera dimiliki. Prabowo mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan negosiasi dengan Prancis terkait pesawat tempur.

Hal tersebut dikatakan Prabowo usai menerima Penganugerahan Wing Kehormatan Penerbang Kelas I, yang disematkan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam upacara militer di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Dalam kesempatan itu, Prabowo menyebut perlu adanya pertahanan yang kuat di balik Negara yang kokoh berdiri. Sehingga, Ia mengapresiasi pertahanan yang kini tengah dijaga oleh seluruh Matra TNI.

“Tanpa pertahanan yang kuat, kekayaan kita akan diambil terus. Itu pelajaran yang saya dapat hari ini," ujar Prabowo dikutip dalam laman resmi Kemhan, Kamis (9/3/2023).

Prabowo menambahkan, negara yang kuat perlu memiliki pondasi pertahanan yang kokoh. Sehingga, Indonesia tengah berkomitmen menambah alutsistanya kali ini.

“Penambahan pesawat tempur itu suatu keharusan. Kita akan tambah pesawat tempur Rafale dari Prancis dan sedang dalam negosiasi untuk pesawat lainnya,” imbuhnya.

“Untuk TNI AL Kapal selam, fregat, kapal cepat, kapal peluru kendali sangat prioritas juga. Kita berharap di akhir tahun, 27 kapal perang kita sudah dimodernisasi,” sambung Prabowo.

Follow Berita Okezone di Google News

Sebelumnya, Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara atau negara di ASEAN yang memiliki Pesawat C-130 J Super Hercules . Hal tersebut diungkap Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

"Ini baru lagi, dan di regional ini hanya baru Indonesia, di Asia Tenggara baru Indonesia," kata KSAU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (8/3/2023).

Jika dibandingkan Pesawat Hercules tipe H dan tipe B yang sudah dimiliki TNI AU sebelumnya, Pesawat C-130 J Super Hercules memiliki bentuk relatif mirip. Namun pesawat baru itu mempunyai kelebihan di aspek avionik dan mesin.

"Kelebihannya ya mesinnya engine-nya itu baru lebih efisien, terbang lebih tinggi, lebih jauh, lebih irit, kalau kapasitas sama," ucap KSAU.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini