Share

Hari Sampah Nasional 2023, Pemerintah Dorong Semua Pihak Peduli Sampah

Mohammad Atik F, MNC Portal · Kamis 09 Februari 2023 19:41 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 09 337 2762221 hari-sampah-nasional-2023-pemerintah-dorong-semua-pihak-peduli-sampah-60dExmZqAp.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 menjadi momentum semua pihak untuk bergerak dan peduli terhadap sampah. Hal ini perlu dilakukan agar kondisi lingkungan terjaga. HPSN tahun 2023 ini mengambil tema "Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat”.

Demikian diutarakan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK), Alue Dohong saat memberikan sambutan pada pelepasan Kampanye Bersepeda 'Jelajah Bersih Negeri' 2023 di Bali.

(Baca juga: Pemerintah Fokuskan Pengelolaan Sampah untuk Capai Target Zero Emisi)

"Keterlibatan berbagai pihak dalam upaya pengelolaan sampah perlu kita tingkatkan, karena keberhasilan upaya pengelolaan sampah memerlukan kolaborasi program baik pusat, daerah, dunia usaha, dan masyarakat," kata Alue Dohong dalam keterangannya, Kamis (9/2/2023).

Dia melanjutkan, kegiatan kampanye sepeda ini merupakan salah satu bentuk kampanye inovatif yang ditujukan untuk memotret contoh praktik baik dalam pemanfaatan rantai nilai pengelolaan sampah.

KLHK akan melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan yang berfokus pada peningkatan upaya masif dari hulu ke hilir dengan menitikberatkan pada pengelolaan sampah terpadu untuk mendukung tujuan minim sampah hingga terwujud zero emisi.

Sampah menjadi persoalan yang sangat serius dengan multi dimensi sehingga pelibatan seluruh komponen masyarakat menjadi penting dan resonansi kepedulian persoalan sampah secara terus menerus sungguh diperlukan,” pungksanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rosa Vivien Ratnawati mengatakan, tahun 2023 ini merupakan momentum HPSN yang kembali dilaksanakan secara offline setelah berakhirnya masa pandemi Covid-19. Tahun ini menjadi tahapan baru dalam kehidupan keseharian setelah melalui masa pandemi yang cukup sulit.

"Tahun ini juga menjadi momentum untuk melanjutkan upaya-upaya pengelolaan sampah yang telah dilakukan dan memulai tahapan baru yang lebih maju untuk mewujudkan target-target pengelolaan sampah yang telah disepakati, melalui partisipasi aktif semua pihak mulai dari Pemerintah, Pemda, dunia usaha, Civil Society Organization (CSO) dan Komunitas Masyarakat hingga tingkat tapak," tutupnya.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini