Share

Kelar Sidang Duplik, Chuck Putranto Bakal Divonis 2 Pekan Mendatang

Ari Sandita Murti, MNC Portal · Rabu 08 Februari 2023 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 08 337 2761224 kelar-sidang-duplik-chuck-putranto-bakal-divonis-2-pekan-mendatang-NzwyWNFGmY.jpg Sidang Chuck Putranto. (Foto: Tangkapan layar)

JAKARTAChuck Putranto lewat pengacaranya telah menyampaikan duplik atas replik Jaksa Penuntut Umum (JPU), Rabu (8/2/2023). Usai sidang tersebut, hakim mengumumkan bahwa terdakwa dugaan kasus obstruction of justice kematian Brigadir J itu akan menjalani sidang vonis dua pekan mendatang, yakni 24 Februari 2023.

"Tentunya setelah pembacaan duplik telah diberikan kesempatan lagi pada penuntut umum, yang mana tetap pada replik semula dan tim penasihat hukum dalam duplik tetap pada pembelaan semula. Selanjutnya agenda sidang masuk pada putusan yang Insya Allah Jumat, 24 Februari 2023," kata Ketua majelis hakim, Afrizal Hadi di persidangan, Rabu (8/2/2023).

 Baca juga: Chuck Putranto Dituntut 2 Tahun Penjara di Kasus Obcstruction of Justice

Dalam dupliknya, pengacara Chuck Putranto menyebut kliennya tidak memenuhi unsur-unsur Pasal 33 UU ITE dan Pasal-Pasal lainnya yang didakwakan oleh JPU. Pihaknya terus mengulangi dan mengingatkan bahwa Chuck Putranto dalam perbuatannya dilindungi oleh Pasal 51 ayat (1) KUHP dan Pasal 51 ayat (2) KUHP sebagai alasan pembenar dan pemaaf, serta Chuck mpngalami sesat fakta dari awal peristiwa terjadi yang merupakan alasan penghapus Pidana.

Pengacara Chuck lantas meminta majelis hakim memberikan putusan, pertama menerima seluruh nota pembelaan yang diajukan terdakwa dan tim penasehat hukumnya. Menyatakan Chuck Putranto tidak terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum melakukan tindak pidana sebagaimana didakwakan dan dituntut oleh JPU.

Follow Berita Okezone di Google News

"Membebaskan terdakwa dari seluruh dakwaan dan tuntutan jaksa penuntut umum. Melepaskan terdakwa dari seluruh dakwaan dan tuntutan Jaksa Penuntut Umum," kata pengacara Chuck.

Selanjutnya, meminta hakim merehabilitasi nama baik, harkat dan martabat Chuck Putranto dengan mengacu pada ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 92 Tahun 2015. Atau, apabila Majelis Hakim berpendapat lain, pengacara Chuck itu memohon majelis hakim memberikan putusan yang seadil-adilnya.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini