Share

Ingat Tsunami Aceh, Indonesia Segera Kirim Bantuan ke Turki Pascagempa M7,8

Binti Mufarida, MNC Portal · Selasa 07 Februari 2023 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 07 337 2760551 ingat-tsunami-aceh-indonesia-segera-kirim-bantuan-ke-turki-pascagempa-m7-8-J3WrlDQfgm.jpg Wapres Ma'ruf Amin (Foto: Dok Okezone)

GRESIK - Pemerintah Indonesia akan mengirimkan bantuan ke Turki pascagempa berkekuatan Magnitudo 7,8 mengguncang kawasan tersebut pada Senin 6 Februari 2023 dini hari.

Hal tersebut dikatakan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. Menurutnya, Turki merupakan salah satu negara yang paling awal mengirim bantuan ketika terjadi tsunami di Aceh.

BACA JUGA: WNI Korban Gempa Turki dan Suriah Bertambah Jadi 10 Orang 

Menurut Wapres, komunikasi untuk mengirimkan bantuan ke Turki juga sudah dilakukan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

"Kalau Turki itu kan dulu ketika ada tsunami di Aceh dia juga paling awal ikut membantu,” katanya usai melakukan peninjauan pembangunan smelter (pabrik pemurnian) Tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated dan Industrial Port Estate (JIIPE) Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023).

“Oleh karena itu tadi juga dengan Presiden kita bicara-berbicara dengan pak Menhan Prabowo kita akan segera mengirim misi bantuan ke (Turki),” imbuhnya.

Pengiriman bantuan ini merupakan bagian daripada tanggung jawab internasional. “Itu bagian daripada tanggung jawab internasional kita. Di dunia ini memang mesti saling membantu, itu sudah menjadi tradisi kemanusiaan,” ujarnya.

 BACA JUGA:Bantu Korban Gempa Dahsyat Turki, Australia dan Selandia Baru Janji Beri Bantuan Rp174 Miliar

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu, Wapres mendorong Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk mengambil peran dalam pengiriman bantuan ini. “Dan saya harapkan nanti Baznas bisa mengambil peran untuk itu,” ujarnya.

Sejauh ini, korban gempa Turki dilaporkan mencapai 2.316 orang tewas dengan lebih dari 13.000 orang terluka di 10 provinsi akibat dua gempa kuat yang mengguncang Turki selatan pada Senin, menurut laporan Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD) negara itu.

Sejumlah wilayah lain juga terdampak gempa di antaranya Kahramanmaras dan mengguncang kuat beberapa provinsi tetangga, termasuk Gaziantep, Sanliurfa, Diyarbakir, Adana, Adiyaman, Malatya, Osmaniye, Hatay, dan Kilis.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini