Share

7 Jenderal TNI Veteran Operasi Seroja Ini Miliki Karier Moncer

Tim Okezone, Okezone · Kamis 26 Januari 2023 07:35 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 337 2753044 7-jenderal-tni-veteran-operasi-seroja-ini-miliki-karier-moncer-EHwPOCrOlk.jpg SBY di TimTim/Tangkapan layar media sosial

JAKARTA - Operasi Seroja di Timor Timur (Timtim) sekarang bernama Timor Leste merupakan operasi militer terbesar yang digelar TNI setelah kemerdekaan. Dalam operasi tersebut, pasukan TNI terlibat pertempuran sengit melawan Fretilin, tentara terlatih didikan Portugis.

(Baca juga: 5 Jenderal TNI Pemiliki Brevet Kopassus Veteran Operasi Seroja, Nomor 2 Mantan Orang Nomor Satu RI)

Sejumlah jenderal TNI yang pernah bertempur dalam Palagan Timor memiliki karier yang sangat moncer. Bahkan, ada yang menjadi Panglima TNI hingga Presiden RI.

Melansir laman tni-au.mil.id, berikut ini tujuh jenderal yang pernah bertempur pada Operasi Seroja.

1. Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono

 

Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono atau yang biasa dikenal dengan SBY merupakan Presiden Republik Indonesia yang ke 6. Saat menjadi seorang militer, SBY juga aktif dalam operasi militer. Salah satu operasi militer yang pernah dilakukan oleh SBY adalah operasi Seroja di Timor-Timur. Dari banyaknya kiprah SBY di dunia militer, ia mendapatkan Brevet Komando Kehormatan Kopassus pada 20 Agustus 2009.

2. Jenderal TNI Andika Perkasa

Jenderal Andika Perkasa merupakan mantan panglima TNI yang berasal dari Angkatan Darat. Selain memiliki jabatan tinggi, Andika juga mempunyai banyak pengalaman di operasi militer. Salah satu operasi militer yang pernah dilakukan oleh Jenderal Andika adalah operasi seroja.

3. Jenderal TNI (Purn) Moeldoko

Jenderal Moeldoko merupakan mantan panglima TNI yang berasal Angkatan Darat yang saat ini menjadi Kepala Staf Kepresidenan (KSP) RI.

Moeldoko mempunyai pengalaman yang banyak dalam operasi militer. Salah satu dari operasi militer yang dilakukan oleh Moeldoko adalah operasi militer seroja yang ada di Timor-Timur.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Jenderal TNI (Purn) Wiranto

 

Wiranto merupakan kelahiran 4 April 1947 dan sempat menjabat sebagai Panglima ABRI pada 1998 hingga 1999. Setelah pensiun dia sempat menjabat sebagai Menteri Pertahanan pada 1998. Mantan Panglima ini juga sempat mencalonkan diri sebagai Wakil Presiden pada Pemilu 2009 berpasangan dengan Jusuf Kalla. Selain itu dirinya juga pernah dipercaya sebagai Ketua Umum PP PBSI.

5. Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo

Sosok Panglima TNI yang menjabat pada 8 Juli 2015 hingga 8 Desember 2017. Pria asal Tegal ini merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1982. Pada saat menjadi Panglima, Gatot bersama tokoh pemerintahan lainnya beserta para aktivis sosial bergabung dalam aksi untuk mendukung toleransi beragama selama periode unjuk rasa di Jakarta pada bulan November 2016

6. Jenderal TNI (Purn) Feisal Tanjung 

Jenderal Feisal Edno Tanjung lahir pada 17 Juni 1939 dan menjabat sebagai Panglima ABRI pada 1993 hingga 1998. Selain sempat mengikuti operasi seroja Timor Timur pada 1976, dia juga pernah mengikuti Pasukan Garuda ICCS IV Vietnam tahun 1973. Setelah pensiun, Feisal Tanjung sempat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan dalam Kabinet Pembangunan VII era Soeharto sebelum mundur dan Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan dalam Kabinet Reformasi Pembangunan era B.J. Habibie.

7. Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto

Jenderal TNI yang menjabat sebagai Panglima pada tahun 2002 hingga 2006 ini lahir pada 29 April 1947. Sebelum menjabat sebagai Panglima TNI dia juga pernah menjabat sebagai Komandan Paspampres. Saat mantan Presiden Soeharto lengser pada 21 Mei 1998.

Ketika kepemimpinannya sebagai Panglima TNI dia menentang keras tangan-tangan politik untuk kembali merambah tubuh TNI pada tahun 2004 ketika mulai banyak parpol yang mencoba menarik TNI ke gelanggang politik.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini