Share

5 Fakta Aki Wowon Blak-blakan Saat Jadi Dalang, Polisi Sampai Heran

Tim Okezone, Okezone · Kamis 26 Januari 2023 07:16 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 337 2753013 5-fakta-aki-wowon-blak-blakan-saat-jadi-dalang-polisi-sampai-heran-xjKWfsiVpL.jpeg Aki Wowon Cs/Foto: Istimewa

JAKARTA - Polisi kesulitan mendapatkan keterangan dari tersangka pembunuhan berantai di Bekasi dan Cianjur yakni Wowon alias Aki. Namun, saat Wowon berubah menjadi dalang, polisi bisa dengan mudah menginterogasi tersangka.

1. Saat jadi Dalang Wowon terbuka

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya, Kombes Hengki Haryadi, mengatakan, ketika diperiksa menjadi dalang, Wowon dapat menjawab setiap pertanyaan dengan sangat lancar.

 BACA JUGA:Bertemu Pengurus GRIND, TGB: Garap Milenial dan Zilinial dengan Baik

Bahkan, dia pun dapat mengungkap sejumlah hal termasuk lokasi para korbannya.

"Pada saat memeriksa si Wowon ini kalau ditanya langsung susah. Tapi kalau jadi dalang kebuka semua itu. Di mana korbannya, disimpan di sini. Ini fakta kejadiannya," kata Kombes Hengki Haryadi di Polda Metro Jaya, Selasa (24/1/2023).

2. Wowon ahli ngedalang

Ia menambahkan, Wowon memiliki keahlian sebagai dalang. Namun, Hengki belum mengetahui sejak kapan dan di mana Wowon bekerja sebagai dalang.

 BACA JUGA: Putri Candrawathi Minta Garis Polisi di TKP Rumah Duren Tiga Dicabut

"Belum kita dalami dia pernah dalang dimana. Yang jelas yang unik pada saat memeriksa si Wowon ini," kata Hengki.

3. Punya sosok fiktif Bayu Aki

Keahliannya dalam mendalang juga membuatnya sukses memerankan peran fiktif sebagai sosok sakral Aki Banyu. Bahkan, sosok Aki Banyu ini tidak diketahui oleh kedua rekan kriminalnya, Solihin alias Duloh dan Dede Solehudin, hingga akhirnya mereka ditangkap.

Follow Berita Okezone di Google News

"Jadi tokoh yang dianggap sakral yang sudah ditemui padahal itu Wowon. Bahkan tersangka Duloh dan Dede. Setelah sekian tahun bahwa itu adalah Wowon ternyata pas ditangkap itu," ujar Hengki.

4. Wowon pintar memanipulasi suara

Wowon memiliki kepandaian menirukan suara orang lain, membuat Duloh dan Dede percaya adanya Aki Banyu, meski tidak pernah bertatap muka. Mereka mendengar suara Aki bayu hanya melalui suara telepon yang diperankan Wowon.

5. Sosok fiktif Aki Bayu memiliki peran sentral

Mengingat Wowon juga pernah berprofesi sebagai dalang. Dalam serangkaian serial killer asal Cianjur, Jawa Barat ini, sosok Aki Banyu memiliki peran sentral.

"Aki Banyu ini yang menyuruh (melakukan) pembunuhan," kata Hengki.

Namun, belum dapat memastikan apakah dia menikahi keenam istrinya tersebut ada yang mengatasnamakan Banyu Aki. Sampai saat ini pihak penyidik terus melakukan pendalaman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini