Share

Jejak Digital Wowon Jadi Aki Banyu Terungkap, Polisi Duga Sejumlah Wanita Muda Dibuang ke Laut Bali

Erfan Maaruf, MNC Portal · Rabu 25 Januari 2023 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 337 2752948 jejak-digital-wowon-jadi-aki-banyu-terungkap-polisi-duga-sejumlah-wanita-muda-dibuang-ke-laut-bali-lf6038ngwC.jpg Aki Wowon/Foto: dok Polri

JAKARTA – Fakta baru terungkap saat jejak digital dalam handphone milik Wowon Erawan alias Aki pelaku serial killer saat berperan sebagai figur Aki Banyu dibongkar polisi.

Penyidik menelusuri jejak digital untuk mencari dugaan korban lain baik dalam kasus penipuan maupun pembunuhan berantai tersebut.

(Baca juga: Terkuak! Ini Akal Licik Aki Wowon Cs Yakinkan 11 TKW untuk Gandakan Uang)

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut penyidik telah mengantongi ponsel milik Wowon. Nantinya penyidik akan mendalami isi percakapan antara para tersangka melalui digital forensik.

"Tentu nanti secara digital forensik, perbincangan, percakapan atau message yang ada di device (ponsel) itu akan dilakukan secara forensik," kata Trunoyudo di Polda Metro Jaya, Rabu (25/1/2023).

Sebelumnya, Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan, penyidik menemukan sosok fiktif yang sangat disakralkan oleh para pelaku pembunuhan berantai bernama Aki Banyu.

Hengki menyebut Aki Banyu diperankan oleh Wowon. Namun, partner in crime Wowon, Solihin alias Duloh dan Dede Solehudin tidak mengetahuinya selama bertahun-tahun. Duloh dan Dede baru mengetahui sosok Aki Banyu tersebut diperankan oleh Wowon pada saat ditangkap oleh polisi.

"Kita juga temukan modus lain. Ini cukup unik. Ternyata tersangka Wowon ini berperan sebagai Aki Banyu, ini adalah figur fiktif," ujar Hengki di Polda Metro Jaya..

Follow Berita Okezone di Google News

Wowon kata Hengki memiliki keahlian dalam menirukan suara orang lain. Wowon yang mengaku sebagai Aki Banyu berkomunikasi dengan Duloh dan Dede melalui telepon. Keahlian menirukan suara itu juga diperkuat dengan profesi Wowon yang mengaku sebagai dalang.

Aki Banyu yang diperankan oleh Wowon itu merupakan sosok sentral dalam pembunuhan berantai di Cianjur dan Bekasi, Jawa Barat. Aki Banyu memerintahkan Duloh dan Dede untuk membunuh korban dengan cara diracun dan dicekik.

Selain itu, Aki Banyu juga berperan dalam menipu para tenaga kerja wanita (TKW). Aki Banyu juga meminta korban penipuan, salah satunya Siti untuk menyebrangi laut untuk meraih kesuksesan.

"Salah satu saksi ada yang menyampaikan 'pada saat itu saya disuruh di pinggir kapal. Saya curiga akan didorong ke laut' dan ternyata saat kita konfirmasi ke tersangka benar 'saya memerintahkan bila ingin sukses maka harus nyemplung ke laut'," ungkap Hengki.

Hengki mengatakan hal ini menjadi tanda tanya mengapa korban mau menuruti perintah dari Aki Banyu. "Nah, ini yang jadi tanda tanya kok nurut saja termasuk yang kami dalami saat ini ternyata yang ada di Bali itu terjun ke laut bukan hanya Siti, namun juga Noneng," tutup Hengki.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini