Share

Mengenal Aliyah Rasyid Ibu Anies Baswedan, Ternyata Punya Peran Penting Buat Pendidikan

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Rabu 25 Januari 2023 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 337 2752832 mengenal-aliyah-rasyid-ibu-anies-baswedan-ternyata-punya-peran-penting-buat-pendidikan-dNiMkxPlHv.jpg Anies Baswedan dan Aliyah Rasyid (Foto: Twitter)

JAKARTA- Mengenal Aliyah Rasyid ibu Anies Baswedan memang menarik untuk dibahas. Mungkin sebagian akademisi tak asing dengan sosok satu ini.

Bagaimana tidak, ibunda dari mantan Gubernur DKI Jakarta ini memiliki dedikasi tinggi dalam dunia pendidikan. Baru-baru ini Prof Dr Aliyah Rasyid Baswedan dianugerahi Guru Besar Emeritus oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Penghargaan itu didapatkannya lantaran memiliki peran besar dan berkecimpung sejak tahun 1970 di dunia pendidikan.

Dedikasinya terhadap dunia pendidikan pun menurun kepada anak pertamanya, Anies Baswedan. Ya, Anies diketahui pernah menjabat sebagai seorang rektor dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Kabinet Kerja.

Follow Berita Okezone di Google News

Lantas, bagaimana kehidupan Aliyah Rasyid ibu Anies Baswedan? Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahuinya.

Mengenal Aliyah Rasyid Ibu Anies Baswedan yang merupakan Guru besar serta Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Negeri Yogyakarta ini lahir pada 20 Maret 1940 di Cipicung, Kuningan, Jawa Barat. Setelah lulus SMP di Kuningan, Aliyah kemudian melanjutkan SMA di Cirebon.

Kala itu, kepergian Aliyah untuk menimba ilmu sempat menjadi perbincangan dari tetangga. Pasalnya, ia meninggalkan rumah bukan untuk menikah, melainkan sekolah.

Setamatnya dari bangku SMA, Aliyah bercita-cita menjadi seorang guru. Ia pun memutuskan melanjutkan studinya di Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Pedagogi, kampus yang dulu bernama IKIP Bandung.

Tepat di tahun 1965, ibu 3 anak ini berhasil menyandang gelar sarjana. Keinginannya menjadi guru pun terwujud dengan diterima mengajar di IKIP Bandung.

Tiga tahun berselang, Aliyah menikah dengan seorang dosen asal Yogyakarta bernama Rasyid Baswedan. Mereka menetap di Yogyakarta, namun semangat menggelora mengajar Aliyah membuatnya tetap menjalankan profesinya sebagai dosen meski harus pulang pergi Yogyakarta-Bandung.

Hal itu dilakukan saat mengandung Anies. Setelah Anies lahir, Aliyah mutasi ke IKIP Yogyakarta pada 1970. Di kampus yang kini berubah nama menjadi UNY, ia menjadi dosen hingga pensiun pada 2005. Lalu, pada 2015 Aliyah resmi purnatugas dari UNY.

Selain mengajar, rupanya ia juga aktif dalam kegiatan sosial dan keagamaan. Salah satu kontribusinya yakni menyalurkan beasiswa utuk siswa maupun mahasiswa yang berasal dari keluarga prasejahtera selama lebih dari 3 dekade.

Itulah penjelasan terkait Aliyah Baswedan ibu Anies Baswedan yang tak banyak orang tahu.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini