Share

Wapres: Ketika Ciptakan Indonesia Allah Sedang Tersenyum

Binti Mufarida, MNC Portal · Rabu 25 Januari 2023 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 337 2752790 wapres-ketika-ciptakan-indonesia-allah-sedang-tersenyum-jcTd4zZocd.jpeg Wapres KH Ma'ruf Amin (Foto: Antara)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendorong agar semua pihak mempertahankan sistem pertanian dan pangan Indonesia yang tangguh. Sehingga, Indonesia bisa terbebas dari krisis pangan yang tengah mengancam dunia.

“Saya memberikan apresiasi atas kolaborasi dan kinerja sektor pertanian yang telah dibangun selama ini. Sistem pertanian dan pangan Indonesia dipandang tangguh dan berhasil mencapai swasembada beras selama 2019-2021. Ini kita sudah mendapatkan penghargaan internasional,” kata Wapres saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2023, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Menurut dia, capaian ini tidak hanya dipertahankan, tetapi perlu terus ditingkatkan demi kemandirian pangan yang berkelanjutan dan kesejahteraan nyata bagi masyarakat dan para petani.

Baca juga: Warning! Lahan Pertanian RI Semakin Menyusut, Ancaman Nyata Ketahanan Pangan

Selain itu, Wapres pun mengungkapkan Indonesia diberkahi keunggulan kekayaan alam yang tidak ada di negara lain. Sehingga, keunggulan ini harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Wapres mengutip sebuah ayat di dalam Alquran yang mengatakan bahwa Allah SWT telah memberikan lahan yang luas dan komoditi yang beragam, yang tidak diberikan kepada negara lain.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Tekankan Pentingnya SDM Unggul dalam Estafet Kepemimpinan Bangsa

“Kita bersyukur oleh Allah SWT, kita diberikan lahan yang luas dan komoditi yang banyak ragamnya. Kalau saya menyitir ayat Alquran Allah mengatakan saya jadikan di bumi itu gunung-gunung di atasnya, dan saya memberkatinya, dan Allah menentukan berbagai makanan pokok yang diberikan di satu negara dan juga tidak diberikan ke negara yang lain,” katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Wapres pun mengibaratkan dengan banyaknya kekayaan alam ini, mungkin Allah SWT menciptakan Indonesia ketika sedang tersenyum. “Ketika Allah menentukan untuk itu, untuk Indonesia ternyata kita tidak diberikan banyak sekali komoditi yang tidak ada di negara yang lain. Mungkin ketika menciptakan Indonesia, Allah sedang tersenyum. Sehingga banyak diberikan komoditi kita ini,” kata dia.

“Inilah karena itu kalau kita bekerja keras, berjuang, dan terus saya kira kita tidak akan menghadapi krisi pangan walaupun di dunia terjadi krisis. Oleh karena itu mari kita bangun apa yang Allah berikan dengan segala yang kita miliki,” tandasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini