Share

Mengenal Edhy Prabowo

Rina Anggraeni, Okezone · Rabu 25 Januari 2023 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 337 2752575 mengenal-edhy-prabowo-FTjx590EsL.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA-Mengenal Edhy Prabowo, orang dekat Menhan Prabowo Subianto. Dia pernah menjadi atlet Pencak Silat tingkat nasional di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON). Karirnya sebagai atlet cukup gemilang. Ia beberapa kali tampil di kejuaraan nasional dan internasional. Namun Edhy memutuskan berhenti dari dunia silat dan beralih ke politik.

Jejak karir dimulai pada 1991. Kala itu, dia berhasil diterima menjadi anggota Akabri di Magelang, Jawa Tengah. Sayang, karirnya di militer hanya bertahan dua tahun. Edhy dikeluarkan karena terkena sanksi dari kesatuan. Harapan menjadi jenderal pun sirna.

Kendati sedih cukup dalam, Edhy tidak mau patah arang. Dia tidak kembali ke kampung halaman, melainkan meminta izin kepada orangtuanya untuk merantau ke Jakarta. Dengan alasan ingin mengembalikan kepercayaan keluarga, Edhy pun menginjakkan kakinya di Ibu Kota.

Tak disangka, pria bernama Pak Yul tersebut merupakan sahabat seorang tokoh terkenal di Indonesia yakni Prabowo Subianto. Edhy pun diperkenalkan kepada tokoh itu di salah satu acara pesta di bilangan Pantai Ancol.'

Follow Berita Okezone di Google News

Edhy dibiayai mengenyam ilmu pendidikan Fakultas Ekonomi Universitas Moestopo. Selain itu, ia juga diminta untuk belajar silat setiap akhir pekan di Batujajar, Bandung. Seiring waktu berjalan, Edhy akhirnya menjadi orang kepercayaan tokoh tersebut.

Setelah jadi pesilat, Edhy terjun ke dunia politik dan terpilih sebagai anggota DPR RI pada 2009.

Kendati sudah menjadi wakil rakyat, Edhy tetap menjalankan perannya sebagai suami dari Iis Rosita Dewi dan ayah dari Satrio Budi Wiroreno (4) dan Raja Dimas Satrio (3). Dia juga masih aktif mengurus perguruan silat Satria Muda Indonesia dan beberapa bisnis lainnya.

Dr. Edhy Prabowo, S.E., M.M., M.B.A. lahir di Muara Enim, Sumatra Selatan, 24 Desember 1972.adalah politikus Indonesia yang berasal dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Edhy menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia sejak 23 Oktober 2019 pada Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf.

Edhy Prabowo mendirikan perusahaan jasa keamanan, PT Garuda Security Nusantara pada 2007. Edhy juga menjabat sebagai Presiden Direktur dan menjadi Komisaris di PT Kiani Lestari Jakarta, perusahaan kertas milik Prabowo Subianto.

Sayangnya jabatannya berakhir dikarenakan terlibat kasus korupsi pada 2020. 

(RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini