Share

Bahas Persiapan Peringatan Satu Abad NU, Wapres Ma'ruf Bertemu Yenny Wahid

Binti Mufarida, MNC Portal · Selasa 24 Januari 2023 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 337 2752341 bahas-persiapan-peringatan-satu-abad-nu-wapres-ma-ruf-bertemu-yenny-wahid-MIIHYfwK3V.jpg Wapres KH Ma'ruf Amin bertemu Yenny Wahid (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin bertemu dengan Ketua Organizing Committee Peringatan Satu Abad NU Yenny Wahid untuk membahas persiapan Peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU). Pertemuan itu dilakukan di Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Selasa (24/1/2023).

“Hari ini Wakil Presiden Republik Indonesia menerima ibu Yeni Wahid bersama rombongan. Agendanya adalah mengundang Wakil Presiden terkait dengan rangkaian acara ulang tahun Nahdlatul Ulama yang akan berlangsung pada tanggal 31 Januari ya, rencananya akan berlangsung di Taman Mini Indonesia,” ungkap Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi dalam keterangannya.

Masduki mengatakan agenda yang akan berlangsung pada 31 Januari tersebut merupakan bagian dari rangkaian Satu Abad Nahdlatul Ulama yang sebagian besar acaranya akan berlangsung di Jawa Timur. “Tetapi untuk acara Ulang Tahun 31 Januari ini akan dilangsungkan di Jakarta, di Taman Mini Indonesia.”

“Yang menarik dari laporan itu bahwa inilah untuk pertama kalinya dalam ulang tahun ya Nahdlatul Ulama, itu akan banyak sekali penghargaan-penghargaan yang akan diberikan kepada para tokoh-tokoh yang mempunyai peran besar di dalam membesarkan Nahdlatul Ulama,” kata Masduki.

“Jadi para Rais Aam ya, sepanjang masa siapa saja itu akan mendapatkan penghargaan. Kalau misalnya tidak bisa hadir karena sudah wafat misalnya yang akan hadir itu adalah keluarganya. Begitu juga para Ketua Umum PBNU juga akan diundang termasuk dalam hal ini Wapres ketika diundang ke sana di samping membuka acara, Wapres juga mendapatkan penghargaan sebagai mantan Rais Aam PBNU,” tambahnya.

Selain itu, Masduki mengatakan yang tidak kalah menarik adalah akan ada penghargaan yang diberikan kepada orang-orang tertentu yang berjasa terutama agar NU makin dikenal di dunia internasional. “Itu ada tokoh-tokoh para pengamat itu juga akan mendapatkan penghargaan, kayak Martin Van Bruinessen itu juga akan mendapatkan penghargaan, dan beberapa pengamat yang lain.”

Masduki juga mengatakan pada kesempatan itu Yenny juga melaporkan kepada Wapres bahwa akan ada pesantren-pesantren yang sudah melebihi 1 Abad umurnya itu juga akan mendapatkan penghargaan.

“Ternyata ada sekitar 52 lebih Pesantren ya seperti kayak di Jawa Timur itu ada pesantren Sidogiri, ada pesantren Annuqayah di Sumenep, dan yang lain-lain itu di seluruh Indonesia yang berumur lebih dari satu Abad juga akan mendapatkan penghargaan,” tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

“Kenapa Pesantren? Sebagaimana kita ketahui bahwa NU lahir itu tidak bisa dilepaskan dari ulama ulama Pesantren dan yang mendirikan Nahdlatul Ulama itu adalah para ulama ulama Pesantren sehingga pesantren yang mempunyai jejak sejarah panjang itu juga akan mendapatkan penghargaan,” kata Masduki.

“Termasuk juga para pendiri penandatangan berdirinya Nahdlatul Ulama, itu ada puluhan ulama itu juga akan mendapatkan penghargaan. Jadi ini adalah rangkaian rangkaian yang merupakan forum disamping ulang tahun tapi adalah forum apresiasi terhadap para tokoh-tokoh yang berperan dalam sejarah perjalanan Nahdlatul Ulama,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini