Share

Bos KSP Indosurya Divonis Lepas, Jaksa Bakal Ajukan Kasasi dan Lapor ke Jokowi

Bachtiar Rojab, MNC Media · Selasa 24 Januari 2023 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 337 2752187 bos-ksp-indosurya-divonis-lepas-jaksa-bakal-ajukan-kasasi-dan-lapor-ke-jokowi-LMJR4PV1MY.jpg Koordinator JPU Syahnan Tanjung. (MPI/Bachtiar Rojab)

 

JAKARTA - Majelis hakim memutuskan vonis lepas terhadap Henry Surya, terdakwa kasus penggelapan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya. Atas vonis hakim ini, koordinator tim jaksa penuntut umum (JPU) bakal mengajukan kasasi hingga melapor ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Koordinator JPU Syahnan Tanjung mengatakan, pengajuan kasasi tersebut dikarenakan pihaknya kecewa dan sedih atas penderitaan 23 ribu korban KSP Indosurya.

"Tidak hanya saya (yang kecewa), yang 23 ribu orang, dari korban. Nah sekarang kita kalau ditanya apa upayanya?" ujar Syahnan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa (24/1/2023).

Tak hanya itu, akibat banyaknya korban dari kasus tersebut, ia bakal melayangkan laporan ke Jokowi dengan namanya sendiri. Itu karena ia menganggap putusan tersebut aneh dan sangat berpihak.

"Kalau ada penetapannya baru kita keluarkan. Itu aturan mainnya. Saya akan laporkan ke Presiden, saya pribadi, akan saya laporkan hakim ini," tuturnya.

"Saya akan laporkan pribadi, nama saya Syahnan Tanjung ya, ini lengkap, saya nggak mau begini-begini pengadilan. Ini putusan paling aneh, putusan enggak berpihak pada korban," ujarnya.

Ia menambahkan, banyak keanehan dalamsidang vonis Henry. Salah satunya tidak mempertimbangkan korban maupun saksi.

"Yang kita hadirkan 62 orang saksi korban kita dari hampir kita hadirkan itu tempo hari 300 orang, mengejar waktu maka terbatas itu, tidak satu pun mengaku anggota koperasi. Mereka nasabah yang dijanjikan dapat bunga 9 sampai 12 persen," ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

"Persidangan ini sangat tidak berpihak pada korban. Kita sudah berupaya maksimal, saya selama sidang tidak pernah sehari pun lalai, tapi nyatanya sia-sia," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, terdakwa kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya, Henry Surya, divonis lepas di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat (Jakbar) Selasa (24/1/2023).

Hal ini, dikatakan majelis hakim Syafrudin Ainor saat membaca amar putusan. Menurutnya, kasus Henry tersebut bukan merupakan pidana. Melainkan, perdata.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Henry Surya tersebut diatas terbukti melakukan perbuatan yang didakwakan tetapi bukan merupakan tindak pidana melainkan perkara perdata," ujar Syarifudin di PN Jakbar, Selasa (24/1/2023).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini