Share

4 Tradisi Unik Kenaikan Pangkat Tentara, Terjun ke Laut hingga Disiram Air Kembang

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Rabu 25 Januari 2023 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 337 2751987 4-tradisi-unik-kenaikan-pangkat-tentara-terjun-ke-laut-hingga-disiram-air-kembang-8Sc40mGttx.jpg Tradisi unik kenaikan pangkat TNI dengan terjun ke laut (Foto: Antara)

JAKARTA - Banyak hal yang bisa dilakukan demi merayakan kenaikan pangkat prajurit TNI. Tradisi-tradisi unik pun tercipta dan biasa dilakukan ketika seorang prajurit naik pangkat.

Berikut adalah 4 tradisi unik kenaikan pangkat tentara:

1. Terjun ke Laut

Terjun ke laut adalah tradisi unik kenaikan pangkat yang dilakukan oleh para prajurit TNI AL. Melansir Sindonews, kegiatan tersebut salah satunya dilakukan pada April 2019 ketika para personel Pangkalan Utama TNI AL VI menerima kenaikan pangkat.

BACA JUGA:6 Jenderal Putra Jawa Timur yang Pernah Jadi Panglima TNI 

Tradisi unik itu berlangsung di Dermaga Layang Markas Komando Lantamal VI Makassar, tepat setelah upacara kenaikan pangkat Bintara, Tamtama, dan PNS Mako Lantamal VI dilakukan.

Dalam acara itu juga dilakukan Voordebog, di mana para prajurit yang terjun ke laut wajib menggunakan pakaian dinas upacara.

2. Penyiraman Air Kembang

Selanjutnya, ada tradisi penyiraman air kembang yang dilakukan untuk merayakan kenaikan pangkat prajurit TNI AU. Salah satu implementasi kegiatan tersebut dilakukan pada April 2022 di lapangan sepak bola Glora Ferdinand Liber Zonny Lanud Harry Hadisoemantri (HAD), Kalimantan Barat.

BACA JUGA:Mengintip Pasukan Elite TNI AD Makan Bersama Warga di Pedalaman Papua, Penuh Rasa Kekeluargaan 

Follow Berita Okezone di Google News

Informasi yang ada pada laman TNI AU menyebut, tradisi penyiraman air kembang itu dilakukan setelah upacara upacara kenaikan pangkat di lokasi yang sama. Danlanud (Komandan Lanud) HAD Letkol Pnb Firmandes Pasaribu langsung menyiramkan air kembang kepada perwira yang mendapat kenaikan pangkat.

3. Lari Keliling Danau

Tradisi unik lain saat menerima kenaikan pangkat juga dilakukan oleh seluruh personel di Mako Kodiklat TNI. Mereka harus lari mengelilingi dana yang ada di wilayah tersebut. Pada tahun 2016, tradisi tersebut dilakukan oleh 19 perwira TNI AD, AL, dan AU yang menerima kenaikan pangkat.

Komandan Kodiklat TNI melakukan pemecahan telur secara simbolis dan dilanjutkan dengan menyiramkan bunga yang berasal dari 7 sumber mata air di Kodiklat TNI.

4. Terjun ke Kolam Penuh Lumpur

Terjun ke dalam kolam berlumpur juga masuk dalam salah satu tradisi unik kenaikan pangkat prajurit TNI. Kopassus TNI AD merupakan pasukan elite yang melakukan tradisi ini.

Para prajurit bebas memilih, ingin menceburkan diri atau masuk ke kolam dengan cara didorong rekan-rekannya. Sementara itu, prajurit yang terjun ke kolam lumpur juga harus menggunakan seragam lengkap dengan baret merahnya.


Diolah dari berbagai sumber/Ajeng Wirachmi-Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini