Share

4 Tokoh Sipil yang Pernah Terima Wing Kehormatan Penerbang

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Rabu 25 Januari 2023 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 337 2751983 4-tokoh-sipil-yang-pernah-terima-wing-kehormatan-penerbang-IS6Oaall92.jpg Bambang Soesatyo (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Wing Kehormatan Penerbang diberikan kepada sejumlah tokoh sebagai bentuk penghargaan atas jasa serta kerja sama dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada negara dan bangsa.

Pihak-pihak yang menerima Wing Kehormatan Penerbang ini bukan hanya dari kalangan militer saja, namun terdapat beberapa tokoh sipil yang pernah menerima Wing Kehormatan Penerbang oleh TNI AU.

BACA JUGA:6 Jenderal Putra Jawa Timur yang Pernah Jadi Panglima TNI 

Berikut tokoh-tokoh sipil yang pernah menerima Wing Kehormatan Penerbang:

1. Bambang Soesatyo

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo adalah salah satu tokoh sipil yang dianugerahi Wing Kehormatan Penerbang Kelas I. Penganugerahan dilakukan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di apron Lanud Halim Perdanakusuma pada Selasa 5 Oktober 2021.

Selain menerima Wing Kehormatan Penerbangan Kelas I, Bambang Soesatyo juga menerima plakat yang diserahkan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Momen tersebut dilaksanakan setelah Bambang melaksanakan terbang Back Seat, yang didampingi oleh penerbang TNI AU, menggunakan pesawat tempur T-50i.

2. Puan Maharani

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani juga memperoleh Wing Kehormatan Penerbang Kelas I dari TNI AU yang disematkan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di apron Lanud Halim Perdanakusuma pada Selasa 5 Oktober 2021.

Follow Berita Okezone di Google News

Sebelum penyematan, Puan Maharani berkesempatan menjajal terbang atau joy flight dengan jet tempur TNI AU T-50i Golden Eagle. Puan duduk di kursi kopilot, dengan pilot Letkol (Pnb) Dharma T Gultom. Jet tersebut bermanuver di udara dengan melakukan slow roll hingga fast roll.

3. Nafsiah Mboi

Mantan Menteri Kesehatan RI Dr Nafsiah Mboi berkesempatan menerima Wing Kehormatan Penerbang TNI AU yang disematkan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia pada Kamis 3 Oktober 2013.

Disematkannya Wing Kehormatan Penerbang ini sebagai bentuk apresiasi kepada pejabat negara yang dinilai telah banyak membantu dan mendukung tugas-tugas pokok TNI, khususnya Angkatan Udara.

Nafsiah, yang menjabat Menkes periode 2012-2014, memperoleh Wing Kehormatan Penerbang setelah melakukan terbang menggunakan pesawat Sukhoi SU-30 di Lanud Halim Perdanakusuma.

4. Armida S. Alisjahbana

Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia masa jabatan 1 Oktober 2014-20 Oktober 2014 Armida S. Alisjahbana menerima Wing Kehormatan Penerbang oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia pada Kamis 3 Oktober 2013.

Sama seperti Nafsiah Mboi, Armida juga melakukan penerbangan menggunakan pesawat Sukhoi SU-30 di Lanud Halim Perdanakusuma sebelum penyematan wing.

Diolah dari berbagai sumber/Della Octavilia-Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini