Share

Kasus Pembunuhan Aki Wowon Cs Disebut Mirip Ryan Jombang, Ini Sejumlah Perbedaannya

Tim Okezone, Okezone · Selasa 24 Januari 2023 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 337 2751894 kasus-pembunuhan-aki-wowon-cs-disebut-mirip-ryan-jombang-ini-sejumlah-perbedaannya-fmRp7I0Uaz.jpg Ryan Jombang. (Foto: Dok Ist)

JAKARTA - Kasus pembunuhan berantai (serial killer) kembali terjadi di Indonesia. Kali ini, pelakunya berjumlah tiga orang, yakni Wowon Erawan alias Aki Wowon, Solihin alias Duloh, dan M Dede Solehudin. Kasus ini disebut-sebut mirip dengan pembunuhan yang dilakukan oleh Very Idam Henyansyah atau yang terkenal dipanggil Ryan Jombang.

Aki Wowon dibantu dua orang pelaku lain membunuh 9 orang. Para tersangka membunuh korban dengan cara membuang ke laut, mencekik, hingga meracuni dengan racun tikus dan pestisida.

Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran mengatakan para tersangka membunuh korban untuk menutupi jejak kejahatannya.

Awal kasus ini terungkap setelah mencuatnya kasus satu keluarga tewas keracunan di Bekasi. Setelah diusut, tiga korban tewas bukan karena keracunan, melainkan diracun.

Adapun, korban pembunuhan berantai dari ketiga tersangka hingga saat ini berjumlah 9 orang, yakni 3 korban di Bekasi, 4 korban di Cianjur, 1 korban di Garut, dan 1 korban lain masih dicari.

 Baca juga: Temukan Dua Lubang Baru, Polisi Duga Ada Korban Lain Kasus Serial Killer Aki Wowon

Semtara kasus Ryan Jombang terjadi pada tahun 2008. Tepat pada 12 Juli 2008, Ryan terungkap membunuh banyak orang menggunakan benda tajam. Terhitung, korban yang dihabisi Ryan mencapai 11 orang.

Ia rupanya menghabisi nyawa korbannya itu dengan menggunakan linggis. Orang pertama yang menjadi korbannya adalah GSP. Dengan linggis, Ryan membunuh GSP di lorong kamar mandi yang memang terpisah dengan rumah utama.

Setelah memukul bagian belakang leher korban dengan linggis, korban pun tewas dan langsung dikuburkan di areal bekas kolam halaman belakang kediamannya. Agar jasad korban tidak mengapung di air, Ryan memberikan pemberat berupa batu dan pagar beton.

Ryan membunuh semua korannya dengan cara yang sama, yakni menggunakan linggis. Saat rekonstruksi, tidak ada sepatah katapun yang dikeluarkan Ryan.

Korban terakhir Ryan, HS tak hanya dibunuh tapi juga dimutilasi. HS merupakan teman dekatnya. Tubuh HS dipotong menjadi 7 bagian dan dibuang ke daerah Depok, Jawa Barat. Akibat aksi kejinya yang telah membunuh hingga 11 orang itu, Ryan divonis hukuman mati.

Meski disebut mirip, terdapat sejumlah perbedaan antara kasus Aki Wowon Cs dengan Ryan Jombang. Apa saja perbedaannya?

Follow Berita Okezone di Google News

1. Motif Pembunuhan

Kasus pembunuhan Ryan Jombang rata-rata disebabkan oleh masalah asmara sesama jenis. Rasa cemburu membuat Ryan menghabisi nyawa kekasihnya.

Sementara di kasus Aki Wowon, motif pembunuhan karena faktor ekonomi. Ketiga pelaku menjalankan bisnis penipuan dengan mengaku bisa menggandakan uang.

Korban yang menagih uangnya lantas dibunuh. Bahkan, anggota keluarga yang mengetahui praktik culas tersebut pun dilenyapkan.

2. Jumlah Korban

Korban pembunuhan berantai Aki Wowon Cs berjumlah 9 orang. Sedangkan korban Ryan Jombang 11 orang.

3. Hubungan Pelaku dan Korban

Aki Wowon Cs melakukan aksi keji terhadap orang-orang yang rata-rata punya hubungan keluarga dengannya. Mereka terdiri dari istri, mertua hingga anak.

Sementara di kasus Ryan Jombang tidak ada hubungan keluarga. Hubungan Ryan dan korban adalah asmara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini