Share

Presiden Jokowi Sebut Sodetan Kali Ciliwung Rampung April 2023

Raka Dwi Novianto, MNC Portal · Selasa 24 Januari 2023 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 337 2751862 presiden-jokowi-sebut-sodetan-kali-ciliwung-rampung-april-2023-BQsQVYi9Gx.jpg Presiden Jokowi (MPI/Raka Dwi Novianto)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung, Jakarta, pada Selasa (24/1/2023).

Jokowi mengatakan, Sodetan Kali Ciliwung bakal rampung pada April 2023.

"Sebentar lagi akan selesai mungkin April insya Allah sudah selesai sodetan Ciliwung yang sudah berhenti 6 tahun," kata Jokowi usai peninjauan, Selasa (24/1/2023).

Kepala Negara menyatakan, penanganan banjir di Jakarta harus ditangani dari hulu sampai hilir. Dari hulu, kata Jokowi, telah dibangun bendungan Ciawi dan Sukamahi. Saat ini, kata dia, tinggal menyelesaikan permasalahan di Jakarta.

Karena itu, Jokowi bersyukur Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono telah membebaskan lahan hanya dalam waktu 1,5 bulan.

"Ini kemarin satu setengah bulan telah dibebaskan lahan di sini. Sehingga bisa dimulai lagi pengeborannya. Kita harapkan nanti di April insya Allah," kata Jokowi.

Ia melanjutkan, nantinya, Sodetan Kali Ciliwung diharapkan dapat mengurangi lahan genangan dan banjir di Jakarta. Diharapkan dapat mengurangi hingga puluhan meter kubik per detik.

"Siaga 4 itu akan mengurangi 33 meter kubik per detik gede banget. Kemudian kalau pada siaga 1 63 meter kubik per detik gede sekali. Karena terowongan ini apanya salurannya ini 3,25 meter dua kanan 3,2 meter kiri terowongannya 3,25 meter sepanjang 1,3 km," ujarnnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu, Jokowi menyebut, jika Sodetan Kali Ciliwung rampung, nantinya banjir di Jakarta tinggal menyelesaikan beberapa permasalahan seperti pompa air.

"Kalau ini sudah urusannya, tinggal yang ketiga urusan pompa yang ada di sungai-sungai dan juga normalisasi Ciliwung. Normalisasi 12 sungai yang ada," kata Jokowi.

"Plus yang di Utara banjir rob, baik dengan tanggul laut maupun dengan Giant Sea Wall itu juga segera harus dimulai. Saya sudah perintahkan ke Gubernur DKI," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini