Share

Tanggapi Demo Kades Minta Perpanjangan Jabatan 9 Tahun, Jokowi: Silakan Disampaikan ke DPR

Raka Dwi Novianto, MNC Portal · Selasa 24 Januari 2023 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 337 2751838 tanggapi-demo-kades-minta-perpanjangan-jabatan-9-tahun-jokowi-silakan-disampaikan-ke-dpr-1AHmMMQXpt.jpg Presiden Jokowi (Foto: MPI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi aksi demonstrasi kepala desa yang meminta perpanjangan masa jabatan sampai 9 tahun yang berlangsung beberapa waktu lalu.

Kepala Negara mempersilakan kepada Kades untuk menyuarakan aspirasinya tersebut ke DPR.

"Ya yang namanya keinginan yang namanya aspirasi itu silakan disampaikan kepada DPR," kata Jokowi usai meninjau Sodetan Kali Ciliwung, Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Jokowi berharap Kades dapat mengacu pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Pasal 39. Di mana, Kades memegang jabatan selama 6 tahun dan dapat menjabat paling banyak 3 kali masa jabatan secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut.

Baca juga: Budiman Sudjatmiko: Jokowi Setuju Jabatan Kepala Desa 9 Tahun

"Tapi yang jelas UU-nya sangat jelas membatasi 6 tahun dan selama 3 periode itu. Prosesnya silakan nanti ada di DPR," kata Jokowi.

Baca juga: Kepala Desa Demo Tuntut Masa Jabatan Kades 9 Tahun, Apa Alasannya?

Diketahui, pada Selasa 17 Januari 2023 lalu, sejumlah kades dan perangkat daerah dari berbagai wilayah melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung DPR. Mereka meminta pemerintah merevisi Undang-Undang (UU) Desa Nomor 6 Tahun 2014 dan meminta jabatan kepala desa dari 6 tahun menjadi 9 tahun dalam 1 periode.

Follow Berita Okezone di Google News

(fkh)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini