Share

Apa Saja Perbedaan Grup 1, Grup 2 dan Grup 3 di Kopassus?

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Selasa 24 Januari 2023 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 337 2751769 apa-saja-perbedaan-grup-1-grup-2-dan-grup-3-di-kopassus-JEe7zVUoVb.jpg Ilustrasi (Foto: Dok TNI)

JAKARTA- Apa saja perbedaan Grup 1, Grup 2, Grup 3 di Kopassus memiliki tugas masing-masing.

Salah satu dari ketuga matra TNI adalah Angkatan Darat (AD) yang memiliki tugas untuk mempertahankan NKRI di wilayah darat. Untuk memperkuat pasukan, TNI AD membentuk pasukan khusus yang disebut Kopassus (Komando Pasukan Khusus).

Kopassus sendiri memiliki kemampuan khusus yang tidak dimiliki oleh pasukan TNI lainnya. Pasukan ini sendiri terbagi menjadi tiga grup. Lantas, apa saja perbedaan Grup 1, Grup 2, Grup 3 di Kopassus?

1. Grup 1 Kopassus

Grup 1 Kopassus berdiri pada 23 Maret 1963 yang saat itu bernama RPKAD. Kala itu pembentukan pasukan ini dipimpin langsung oleh Kolonel Inf Moeng Parhadimulyo dan Komandan Grup (Dangrup) 1 yang pertama adalah Mayor L.B Moerdani.

Awalnya Grup 1 Kopassus bermarkas di Cijantung, Jakarta Timur. Tapi karena situasi dan kondisi wilayah tersebut yang akan menjadi tambah ramai sehingga ditakutkan menganggu latihan dan penempatian pasukan Kopassus, maka markas Grup 1 Kopassus akhirnya dipindahkan ke Serang, Banten.

Follow Berita Okezone di Google News

Grup 1 dan Grup 2 Kopassus sebenarnya memiliki peran yang sama. Dalam menjalankan tugasnya, kedua grup ini akan diterjunkan di mana saja, mulai dari operasi lintas udara hingga penyerbuan amfibi di laut.

2. Grup 2 Kopassus

Grup 2 Kopassus lahir saat Indonesia tengah mengalami banyak pemberontakan bersenjata di tahun 1962, seperti Operasi Trikora dan G30S/PKI. Kala itu Grup 2 Kopassus bernama RPKAD dan bermarkas di Jawa Tengah.

Sebelumnya, RPKAD sempat mengalami beberapa kali perubahan nama sampai akhirnya di tahun 1971 berubah menjadi Grup 2 Kopassanda (Grup 2 Kopassus Sandi Yudha). Tak hanya nama, markas Grup 2 Kopassus pun beberapa kali mengalami pindah tempat. Terakhir grup ini ditempatkan di Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

3. Grup 3 Kopassus

Jika Grup 1 dan Grup 2 memiliki tugas yang hampir sama, berbeda dengan Grup 3 yang berspesialisasi pada tugas intelijen. Tak heran jika calon personel Grup 3 harus menempuh seleksi dan pendidikan yang ketat.

Para calon personelnya akan dibekali pengetahuan tentang intelijensia pada medan operasi, seperti penyamaran, navigasi, bela diri, penggunaan alat khusus intelijen, dan lain-lain. Bahkan beberapa personel akan dikirim ke Pusat Pendidikan Intelijen Militer di luar negeri untuk menimba ilmu. Grup 3 sendiri lahir pada 24 Juli 1967 dan kini bermarkas di Mako Cijantung, Jakarta Timur.

Demikian informasi mengenai Apa Saja Perbedaan Grup 1 Grup 2 Grup 3 di Kopassus. 

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini