Share

Sidang Pleidoi, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf Bakal Bantah Terlibat Pembunuhan Brigadir J

Ari Sandita Murti, MNC Portal · Selasa 24 Januari 2023 09:42 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 337 2751748 sidang-pleidoi-ricky-rizal-dan-kuat-ma-ruf-bakal-bantah-terlibat-pembunuhan-brigadir-j-JIMYvLfawf.jpg Kuat Maruf (Foto: Riana Rizkia)

JAKARTA - Terdakwa Ricky Rizal Wibowo dan Kuat Ma'ruf bakal kembali menjadi sidang dugaan kasus pembunuhan Brigadir J di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, hari ini, Selasa (24/1/2023).

Dalam sidang kali ini, keduanya bakal bakal membacakan nota pembelaan atau pleidoi. Mereka akan membantah soal keterlibatannya dalam membunuh Brigadir J.

BACA JUGA: 6 Fakta Kuat Maruf dan Ricky Rizal Dituntut 8 Tahun Penjara, Keduanya Kompak Ajukan Pledoi 

Menurut Pengacara Ricky Rizal, Erman Umar, kliennya bakal membantah seluruh argumen Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menyatakan Ricky terlibat dalam pembunuhan berencana Brigadir J sebagaimana disampaikan Jaksa dalam tuntutannya itu.

Salah satu poin bantahan yang akan dituangkan Ricky berkaitan dengan Ricky yang disebutkan turut mengawasi Brigadir J sebelum dieksekusi.

"Terhadap semua unsur yang dianggap terbukti oleh JPU akan kita bantah. Ya itu asumsi dan ilusi JPU," ujarnya.

BACA JUGA:Dituntut Hukuman 8 Tahun Penjara, Ricky Rizal Ajukan Pembelaan 

Follow Berita Okezone di Google News

Senada diungkapkan pengacara Kuat Ma'ruf, Irwan Irawan. Pihaknya telah menyiapkan strategi dalam pleidoi dan akan menyodorkan bukti tidak terlibatnya Kuat dalam skenario pembunuhan Brigadir J.

"Tegas membantah beberapa aspek penting yang menyangkut klien kami. Seperti, klien kami dinyatakan bahwa ada interogasi dengan Benny Ali tanggal 8 Juli 2022 (menceritakan skenario)," kata Irwan.

Selain itu, juga akan dibantah argumen dari JPU berkaitan pisau yang dibawa Kuat, karena hal itu nyatanya ditinggal di dalam mobil saat hendak masuk ke rumah dinas Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Agar seolah klien kami ini tahu skenario dengan membawa pisau buah. Itu tidak benar bahwa dibawa sampai TKP Duren Tiga, faktanya ditinggal di mobil," katanya.

Selain terdakwa Ricky Rizal Wibowo dan Kuat Ma'ruf, terdakwa Ferdy Sambo juga bakal menjalani sidang beragendakan pembacaan pledoi atas tanggapan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini