Share

Gibran Nyagub di Jateng, Demokrat Beri Pernyataan Menohok

Carlos Roy Fajarta, · Senin 23 Januari 2023 08:22 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 337 2751209 gibran-nyagub-di-jateng-demokrat-beri-pernyataan-menohok-GKKrojugW0.jpg Gibran Rakabuming Raka/Foto: Antara

JAKARTA – Wacana putra Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka yang akan maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah pada 2024 mendapat tanggapan dari Partai Demokrat.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani mengatakan, Pilgub Jawa Tengah yang akan berlangsung pada 2024 disebut akan berlansung kompetitif.

"Kami menghormati sikap Gibran Rakabuming Raka yang bersiap diri jika ada penugasan untuk maju di Pilgub Jateng pada 2024 nanti," ujar Kamhar, Minggu (22/1/2023).

Dikatakannya, secara matematika politik di atas kertas Gibran yang juga Wali Kota Surakarta itu akan menang mudah jika menjadi kontestan apalagi jika menggandeng pasangan yang tepat sah-sah saja.

(Baca juga: Mau Diberi Pekerjaan, Gibran Cari Nomor HP Deni Lugina Pria yang Hina Jokowi)

"Namun dalam politik praktis sering ada kejutan-kejutan," kata Kamhar Lakumani mengingatkan.

Meskipun selama ini Jawa Tengah sering disebut sebagai basis suara PDIP, Kamhar meyakini dalam perhelatan Pilgub nanti partai tersebut tidak bisa menang dengan mudah.

"Sekalipun di Jawa Tengah menjadi basis politik PDIP namun tak berarti bahwa kader PDIP bisa otomatis menang atau menang mudah pada kontestasi Pilgub," tuturnya.

Dia mencontohkan saat Pilgub Jateng 2018 beberapa waktu lalu, Ganjar Pranowo yang dijagokan berbagai lembaga survei akan menang mutlak ternyata tak mudah.

Sebagian besar lembaga survei memotret perolehan Ganjar-Yasin di atas 70% sementara Sudirman-Ida kurang dari 20%. Namun hasilnya kemudian perolehan Ganjar-Yasin hanya 58,78% dan Sudirman-Ida 41,22% padahal keduanya terbilang baru untuk panggung politik Jawa Tengah.

Follow Berita Okezone di Google News

Pengalaman tersebut disebutkan Kamhar menegaskan bahwa politik itu senantiasa dinamis. Sekalipun bisa diprediksi dan terukur namun selalu saja ada ruang-ruang yang penuh dengan kejutan.

"Kami berkeyakinan angin perubahan di Jawa Tengah juga mulai terasa. Jika aspirasi ini terus bergulir dan memberi efek bola salju, jangankan tidur, bahkan saat terjagapun tak serta merta memperoleh kemenangan," tutup Kamhar Lakumani.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini