Share

Soal Reshuffle, PAN: Kinerja Tidak Baik Meski Sudah Ditegur, Wajar Diganti

Carlos Roy Fajarta, · Selasa 27 Desember 2022 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 27 337 2734967 soal-reshuffle-pan-kinerja-tidak-baik-meski-sudah-ditegur-wajar-diganti-sWK6AKDRSb.jpg Ilustrasi 'reshuffle' kabinet (Foto: Okezone)

JAKARTAKetua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay menyebutkan rencana pergantian menteri (reshuffle) yang hendak dilakukan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai hal yang wajar.

"Reshuffle kabinet adalah hak prerogatif presiden. Secara konstitusional, presiden berhak melakukan evaluasi terhadap kinerja menteri dan para pembantunya," ujar Saleh, Selasa (27/12/2022).

Evaluasi kata Saleh dapat dilakukan secara rutin, berkala, ataupun dengan tujuan tertentu. Misalnya, evaluasi terhadap kualitas pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan lain-lain.

BACA JUGA: Jokowi Beri Sinyal Reshuffle, PKB Sebut Posisi Menterinya Aman

"Presiden itu penanggung jawab jalannya pemerintahan. Sejalan dengan itu, presiden berhak untuk mengangkat para menteri dan pembantunya," kata Saleh Daulay.

BACA JUGA:  5 Fakta Jokowi Angkat Suara soal Reshuffle, Ini yang Dia Sampaikan

Kinerja para menteri tersebut kata dia perlu selalu diperhatikan, dijaga, dan dievaluasi. Jika kinerjanya baik, tentu kata Saleh menteri tersebut akan dilanjutkan oleh Presiden Jokowi.

"Kalau tidak baik, diperingatkan. Dan kalau sudah tidak bisa diperbaiki, presiden berhak untuk melakukan reshuffle atau pergantian," tegasnya.

Saleh mengungkapkan bahkan dalam kasus tertentu, presiden bisa melakukan pergantian kapan saja.

Follow Berita Okezone di Google News

"Bisa saja alasannya politik. Bukan kinerja. Sekali lagi, itu adalah hak dan kekuasaan presiden," tutup Saleh Daulay.

Sebagaimana diketahui, kode soal wacana reshuffle kabinet disampaikan Presiden RI Jokowi dalam beberapa kesempatan kunjungan kerjanya.

"Mungkin. Ya nanti," ujar Jokowi saat ditanya mengenai kemungkinan reshuffle Kabinet Indonesia Maju di Bendungan Sukamahi, Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (23/12/2022) lalu.

Awak media kemudian kembali menanyakan perihal reshuffle saat Jokowi meresmikan pengembangan Stasiun Manggarai Tahap I pada Senin (26/12/2022).

"Ya dengar, Reshuffle?" kata Jokowi. Namun Jokowi tidak melanjutkan kalimatnya dan hanya tersenyum sembari mengangguk kepada awak media yang bertanya terkait reshuffle. 

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini