Share

Berkat RPA Perindo, PMI Suci Anjarwati Bisa Kembali Pulang ke Tanah Air Usai Alami Kekerasan di Malaysia

Tim Okezone, Okezone · Kamis 15 Desember 2022 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 15 337 2727567 berkat-rpa-perindo-pmi-suci-anjarwati-bisa-kembali-pulang-ke-tanah-air-usai-alami-kekerasan-di-malaysia-HFzx0W66gq.jpg RPA Perindo membantu PMI Suci Anjarwati pulang ke Indonesia usai mengalami kekerasan di Malaysia (Foto: MPI)

TANGERANGPekerja Migran Indonesia (PMI) Suci Anjarwati bisa kembali bernafas lega. Dia bisa kembali pulang ke Indonesia pada Rabu (14/12/2022) usai mengalami kekerasan di Malaysia.

Suci diketahui menjadi korban kekerasan dari majikannya di Malaysia selama 3 tahun. Kepulangan Suci ke Indonesia ini terjadi berkat pertolongan dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dan Relawan Perempuan dan Anak (RPA) Perindo.

Ketua DPP RPA Perindo Jeannie Latumahina mengatakan, laporan mengenai Suci Anjarwati diterima dari pihak keluarga yang kemudian diteruskan kepada BP2MI Jakarta dan Kementerian Luar Negeri. RPA Perindo selanjutnya terus berkoordinasi dengan KJRI Penang, Malaysia hingga akhirnya jadwal kepulangan Suci ke Indonesia bisa diputuskan.

BACA JUGA: Polisi Tangkap Perekrut PMI Anak Asal Dompu ke Arab Saudi

Berdasarkan informasi yang didapat RPA Perindo, Suci telah berganti majikan sebanyak 3 kali dan saat bekerja dengan majikan terakhir Suci belum mendapatkan gaji selama 5 bulan.

"Kami saat ini dengan kepulangan Ibu Suci ke Indonesia menyampaikan apresiasi kepada pihak yang telah bekerja sama dengan Perindo sehingga Ibu Suci bisa kembali ke Indonesia," ujar Jeannie saat menyambut kedatangan Suci di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (14/12/2022).

Follow Berita Okezone di Google News

Partai Perindo yang peduli dan gigih turun tangan memperjuangkan hak perempuan dan anak juga akan terus berupaya agar hak Suci sebagai pekerja migran bisa terpenuhi usai kembali ke Indonesia. RPA Perindo juga akan melanjutkan melakukan pendampingan terhadap perempuan lainnya yang memiliki kasus serupa Suci.

“Pada akhirnya upaya kami dan pihak lainnya dalam memulangkan Ibu Suci ke Indonesia membuahkan hasil. Ini merupakan komitmen Partai Perindo untuk membantu sekaligus melindungi perempuan dan anak," lanjutnya.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini