Share

Ini Sosok Penghulu yang Menikahkan Kaesang dan Erina

Yohanes Demo, MNC Portal · Sabtu 10 Desember 2022 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 10 337 2724558 ini-sosok-penghulu-yang-menikahkan-kaesang-dan-erina-fI39ZAUmT2.jpg Penghulu pernikahan Kaesang-Erina, Muhammad Wiyono. (MPI/Yohannes Demo)

SLEMAN - Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono resmi menjadi pasangan suami istri setelah menjalani akad nikah pada Sabtu (10/12/2022). Akad nikah Kaesang dan Erina dgelar di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Sleman.

Dalam pernikahan itu, ada sosok yang sangat penting. Dia adalah penghulu yang bertanggungjawab menikahkan Kaesang dan Erina.

Pranataacara atau pembawa acara dalam pernikahan tersebut, Wigung Pratsangka mengatakan, sosok yang menikahkan Kaesang dan Erina adalah petugas atau penghulu dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kapanewon Depok, Sleman yakni Muhammad Wiyono.

"Petugas dari KUA Kapanewon Depok, Bapak Muhammad Wiyono dipersilakan," kata pembawa acara tersebut menyerahkan prosesi akad, Sabtu (10/12/2022).

Sementara itu, dua Menteri Jokowi didapuk sebagai saksi dalam pernikahan. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono bertindak sebagai saksi dari pihak mempelai pria, sedangkan Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg), Pratikno sebagai saksi dari pihak perempuan. Presiden Joko Widodo dan Iriana juga mendampingi langsung pernikahan tersebut. Mereka tampak duduk di belakang meja akad bersama Wakil Presiden, Ma'ruf Amin beserta istri.

Setelah Kaesang dan Erina melangsungkan ijab qobul, acara dilanjutkan dengan khotbah dan doa nikah oleh Wakil Presiden.

Follow Berita Okezone di Google News

Dalam kesempatan itu, Ma’ruf Amin menyampaikan pentingnya perjanjian antara suami dan istri dalam pernikahan. Pasalnya, perjanjian suami istri menurutnya merupakan perjanjian untuk hidup berdampingan seumur hidup.

"Yang kedua, perjanjian sumai istri adalah perjanjian dengan Allah SWT, ketika akad mengucapkan saya terima nikahnya. Artinya kita memiliki perjanjian dengan Allah," kata Ma’ruf Amin.

Karena itu, setiap suami dan istri menurutnya mesti memegang erat janji yang mereka ucapkan saat menikah. Pasalnya, melanggar janji pernikahan berarti sama dengan melanggar janji dengan Allah SWT.

Sementara itu, hingga saat ini serangkaian acara prosesi akad pernikahan telah rampung dilaksanakan. Rencananya, Presiden Jokowi beserta rombongan keluarga akan langsung menuju Kota Solo, untuk kembali melaksanakan acara resepsi pernikahan atau ngunduh mantu pada hari Minggu (11/12/2022) besok.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini