Share

Wapres: Pandemi Covid-19 Mendorong Transformasi Digital di Sektor Kesehatan

Binti Mufarida, MNC Portal · Sabtu 10 Desember 2022 09:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 10 337 2724401 wapres-pandemi-covid-19-mendorong-transformasi-digital-di-sektor-kesehatan-KkhSSGnQXz.jpg Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin (foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan, pandemi Covid-19 telah mendorong adanya transformasi digital di sektor kesehatan. Mengingat, Covid-19 memaksa sektor kesehatan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di situasi yang sangat dinamis.

“Pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan kehidupan termasuk sektor kesehatan yang dipaksa untuk bertransformasi agar lebih kapabel dan lincah merespon tantangan baru,” kata Wapres saat menghadiri seminar online Satu Sehat Fakultas Kesehatan Masyarakat UI secara virtual, Sabtu (10/12/2022).

 BACA JUGA:Pemerintah Dorong Kebangkitan UMKM di Tangsel Usai Pandemi Covid-19

Wapres pun mengatakan, kabar baiknya pandemi telah menguak kelemahan dalam sistem yang selama ini berjalan secara manual sehingga memicu dilakukannya perbaikan-perbaikan dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Hal ini antara lain menjelma dalam bentuk penggunaan aplikasi kesehatan yang kini semakin masif menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas kita sehari-hari,” katanya.

 BACA JUGA:Cerita Wamenkeu saat Hadapi Pandemi Covid-19

Wapres pun mengapresiasi platform layanan kesehatan Satu Sehat yang telah diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan berdasarkan cetak biru strategi transformasi digital kesehatan tahun 2024.

Follow Berita Okezone di Google News

“Saya memandang Satu Sehat memiliki tujuan yang sangat baik, Satu Sehat menjadi platform digital kesehatan yang mengintegrasikan history, resume medis pasien dari berbagai fasilitas kesehatan. Hal ini akan memberikan kemudahan sekaligus nilai keekonomian bagi pasien,” paparnya.

Selain itu, Wapres menegaskan, dengan adanya sistem Satu Sehat dapat terbentuk ekosistem kesehatan digital yang sulit yang akan berkontribusi dalam memperkokoh ketahanan kesehatan nasional dalam rangka mewujudkan Indonesia sehat secara menyeluruh.

“Transformasi digital kesehatan yang mampu menciptakan kemudahan bagi masyarakat sekaligus memiliki dampak positif terhadap ekonomi kesehatan di Indonesia mesti terus kita kembangkan,” pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini