Share

2 Presiden Indonesia Ini Nikahkan Anaknya di Istana Negara

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 10 Desember 2022 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 10 337 2724350 2-presiden-indonesia-ini-nikahkan-anaknya-di-istana-negara-1cGKMZwE0y.jpg Istana Bogor. (Hotelsalak)

JAKARTA - Seorang presiden mempunyai hak istimewa menggunakan istana kepresidenan sebagai tempat berlangsungnya pernikahan putra-putri mereka.

Meski begitu, tidak semua presiden Indonesia memilih menikahkan anaknya di Istana.

Berikut presiden RI yang pernah menikahkan anaknya di Istana, sebagaimana dirangkum pada Sabtu (10/12/2022) :

1. Soeharto

Presiden kedua Indonesia pernah menikahkan putra-putrinya di istana. Soeharto menikahkan putri pertamanya, Siti Hardiyanti Hastuti dan Indra Rukmana pada 1972 di Istana Bogor.

Pernikahan putri presiden yang akrab disapa Mbak Tutut itu ternyata berbarengan dengan pernikahan Sigit Harjojudanto, putra kedua Soeharto. Pernikahan Sigit Harjojudanto dan Elsje Anneke Ratnawati itu pun digelar di Istana Bogor.

2. Susilo Bambang Yudhoyono

Saat menjabat sebagai Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menikahkan kedua putranya. Kedua putranya itu menikah di istana. Pernikahan putra sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono dengan Annisa Larasati Pohan, dilaksanakan di Istana Bogor, Jawa Barat, pada Juli 2005.

Pernikahan putra bungsunya, Edhie Baskoro Yudhoyono dan Siti Ruby Aliya Rajasa dilangsungkan di Istana Kepresidenan Cipanas, Jawa Barat pada November 2011. Namun, pernikahan putra presiden di istana ini sempat menimbulkan kontra. Sejarawan JJ Rizal, misalnya, mengatakan penggunaan istana untuk kepentingan nondinas dianggap tidak wajar.

Follow Berita Okezone di Google News

(erh)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini