Share

4 Fakta Pengamanan Pernikahan Kaesang-Erina, Ribuan Personel TNI dan Polri Diterjunkan

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 10 Desember 2022 05:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 337 2724121 4-fakta-pengamanan-pernikahan-kaesang-erina-ribuan-personel-tni-dan-polri-diterjunkan-rjtoDrritm.jpg Anjing pelacak diterjunkan di sekitar lokasi pernikahan Kaesang-Erina. (Foto: Yohanes Demo)

SOLO – Aparat kemananan mengerahkan ribuan personel untuk mengawal pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Acara diadakan di Kota Solo dan Yogyakarta pada Sabtu-Minggu atau 10-11 Desember 2022.

Berikut sejumlah fakta tentang pengamanan pernikahan Kaesang-Erina:

1. Ribuan Personel Dikerahkan

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II/Marsdya TNI Andyawan Martono, bersama Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi, melakukan cek kesiapan pernikahan.

Peningkatan pengamanan dilakukan dengan menerjunkan sekitar 10.800 personel gabungan TNI-Polri yang tersebar di Kota Solo dan Yogyakarta, dalam pengamanan pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi.

"Sebanyak 10.800 personel gabungan dari unsur TNI dan Polri diterjunkan untuk melakukan pengamanan jalannya acara," kata Pangkobwilhan II Marsdya TNI Andyawan Martono, Kamis (8/12/2022).

Baca juga: Pernikahan Kaesang-Erina, Anjing Pelacak Dikerahkan Antisipasi Teror Bom

Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi menekan peningkatan keamanan sudah dilaksanakan, bahkan adanya antisipasi penebalan personel di beberapa titik pengaman.

"Beberapa titik juga dilakukan penebalan pengamanan untuk memastikan acara berjalan aman dan lancar," ujarnya.

2. Anjing K-9 Dilibatkan

Polda Jateng mengerahkan 11 ekor anjing ras jenis belgian malitnoise dan golden retriever dalam dalam pengamanan tasyakuran pernikahan Kaesang - Erina di Solo. Hewan-hewan ini dikerahkan untuk melaksanakan tugas sterilisasi dan deteksi bahan peledak selama prosesi tasyakuran berlangsung.

Kasubsatgas Satwa pengamanan kegiatan, Kompol Tourakhman, mengatakan anjing-anjing berkualifikasi pelacak itu didatangkan Ditsamapta Polda Jateng dan delapan polres jajaran.

"Di samping dari K-9 Ditsamapta Polda, satwa yang dilibatkan berasal dari sejumlah Polres seperti polres Kendal, Polresta Surakarta serta beberapa Polres di wilayah Soloraya," kata Tourakhman, Kamis (8/12/2022)

Anjing-anjing tersebut, kata dia, sangat terlatih dan akan ditempatkan di tiga titik strategis yaitu tempat start kirab di Loji Gandrung, sepanjang rute kirab dan lokasi tasyakuran di Pura Mangkunegaran.

"Ada 26 personel Polri dan 11 ekor anjing ras yang ditugaskan di subsatgas satwa ini. Mereka disebar di tiga titik, yaitu Loji Gandrung, perlintasan kirab dan Pura Mangkunegaran. Namun yang terbanyak ditempatkan di sepanjang perlintasan kirab yaitu enam ekor anjing," ujarnya.

"Tugas pokoknya nanti pelacakan, fokus pada sterilisasi bahan peledak di sekitar lokasi kegiatan," tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Ratusan CCTV

Polda Jateng juga akan memaksimalkan penggunaan kamera CCTV di Kota Solo dan sekitarnya untuk membantu pengamanan resepsi pernikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep akhir pekan ini.

Ratusan kamera CCTV yang terpasang di sejumlah titik yang terhubung dengan back office Solo Smart City untuk memantau situasi dan kondisi Kota Solo selama berlangsungnya kirab dan resepsi pernikahan Kaesang dan Erina Gudono dari menjelang acara hingga selesai.

Dengan bantuan pantauan kamera CCTV, Polda Jateng akan dapat segera menanggapi jika ada gangguan perlambatan lalu lintas, kerumunan massa, atau pelaporan lainnya. Petugas quick response akan dengan cepat mendatangi TKP untuk mengurai pemasalahan yang terjadi.

Ini akan sangat bermanfaat karena arus kendaraan yang melintas maupun parkir diperkirakan akan meningkat selama rangkaian acara, terutama pada 11 Desember 2022 saat puncak resepsi pernikahan.

Perkiraan arus kendaraan tertinggi berada di Rute Gendengan Sriwedari, Ngapeman, Narsopuro, Nonongan, Gladag, dan Pasar Gede.

4. Panglima TNI Pantau Pengamanan

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa meninjau persiapan pengamanan untuk acara resepsi ngunduh mantu pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, di Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah, Kamis 8 Desember 2022.

Resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan diselenggarakan di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022).

Selain Panglima TNI, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Pangkogabwilhan II) Marsekal Madya Andyawan Martono Putra turun tangan langsung.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini