Share

Gempa M5,8 Guncang Sukabumi, BMKG: Hindari Bangunan Retak

Qur'anul Hidayat, Okezone · Kamis 08 Desember 2022 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 337 2722888 gempa-m5-8-guncang-sukabumi-bmkg-hindari-bangunan-retak-tmJY3M3lgG.jpg Ilustrasi. (Foto: Dok Okezone.com)

JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan M5,8 terjadi di Sukabumi puku 07.50.57 WIB, Kamis (8/12/2022). BMKG mengimbau masyarakat sekitar gempa untuk tetap tenang dan menghingari bangunan yang retak atau rusak.

Selain itu, BMKG juga meminta masyarakat untuk tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Hindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tulis BMKG dalam keterangannya, Kamis.

 Baca juga: Gempa M5,8 Guncang Sukabumi, BMKG: Bukan Gempa Kerak Dangkal Cianjur atau Megathrust

BMKG sebelumnya melaporkan, gempa berkekuatan M5,8 terletak pada koordinat 7,09° LS ; 106,95°. Lokasi gempa darat wilayah Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 122 km.

Follow Berita Okezone di Google News

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, lanjut BMKG, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya deformasi/patahan batuan dalam Lempeng Indo-Australia yang populer disebut sebagai gempa intraslab atau gempa Benioff.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” tulis BMKG.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini