Share

Ini 5 Alasan Kenapa Kota Surabaya disebut Kota Pahlawan

Cita Zenitha, MNC Portal · Kamis 08 Desember 2022 08:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 337 2722874 ini-5-alasan-kenapa-kota-surabaya-disebut-kota-pahlawan-nWb0plbz3Y.jpg Ilustrasi (Foto: Dailywus)

JAKARTA- Ini lima alasan kenapa kota Surabaya disebut sebagai Kota Pahlawan menarik dibahas.

Selain terkenal dengan patung hiu dan buaya, Surabaya juga terkenal sebagai Kota Pahlawan. Ada banyak alasan mengapa Surabaya mendapat julukan Kota Pahlawan.

Nah, ini 5 alasan kenapa Kota Surabaya disebut sebagai Kota Pahlawan dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kisah Heroik Saat Melawan Penjajah Belanda

Heroisme masyarakat Surabaya paling tergambar dalam pertempuran 10 November 1945.

Arek-arek Suroboyo, sebutan untuk orang Surabaya, dengan berbekal bambu runcing berani melawan pasukan sekutu yang memiliki persenjataan canggih. Puluhan ribu warga meninggal membela Tanah Air. Peristiwa heroik ini kemudian diabadikan sebagai peringatan Hari Pahlawan.

Follow Berita Okezone di Google News

Apalagi sejak saat itu, kegiatan perlawanan masyarakat Surabaya terhadap penjajah dan kaum kolonial semakin hebat dan gigih, maka tak pelak lagi Bung Karno dan Bung Hatta, langsung datang ke Surabaya.

 2. Tempat Lahir Para Pemimpin Bangsa

Surabaya mendapat julukan sebagai Kota Pahlawan karena menjadi tempat lahir para pemimpin bangsa. Bahkan tak sedikit dari mereka yang terlibat langsung dalam perang Surabaya yang jatuh pada 10 November 1945.

Bung Tomo adalah pahlawan Indonesia yang membakar semangat pemuda Surabaya untuk melawan penjajah. Selain itu ada MT Haryono, pahlawan asal Surabaya yang meninggal dalam insiden lubang buaya. Bahkan bapak kemerdekaan Indonesia, Ir Soekarno, berasal dari Surabaya.

3. Mempelopori Kemerdekaan Indonesia

Demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia arek-arek Surabaya turun langsung menumpas sekutu. Bung Tomo sebagai seorang jurnalis berpidato untuk membakar semangat kaum muda Surabaya.

4. Keberhasilan arek-arek Suroboyo menumpas Inggris

Ini menjadi motivasi daerah lain untuk bangkit. Semangat perjuangan Surabaya dalam mempelopori kemerdekaan Indonesia masih membekas hingga sekarang.

5. Perobekan Bendera Belanda

Sikap angkuh Belanda dan Inggris memicu kemarahan arek-arek Surabaya. Kemarahan memuncak setelah pengibaran bendera Belanda bersebelahan dengan Indonesia.

Tempat ini juga terkenal di mana para pejuang menurunkan bendera Belanda yang mengakibatkan pemimpin Belanda bernama Jenderal Mallaby tewas. Tugu yang berbentuk seperti paku terbalik ini memiliki diameter bawah lebih besar dari diameter atasnya.

Tugu tersebjt memiliki tinggi 41,15 meter atau 45 yard dan diameter 3,1 meter, yang semakin ke atas, diameter semakin kecil. Selain Tugu Pahlawan, di area ini terdapat patung mantan Presiden Ir. Soekarno dan wakilnya Drs. Mohammad Hatta ketika sedang membaca proklamasi kemerdekaan.

Patung itu berada di antara pilar-pilar tinggi menyerupai reruntuhan suatu bangunan dan terdapat beberapa patung pahlawan lainnya. Monumen berbentuk tugu ini mempunyai beberapa filosofi dalam konstruksi bangunannya antara lain 10 lengkungan (canalurus) pada badannya yang melambangkan tanggal 10.

Demikian 5 alasan kenapa Kota Surabaya disebut sebagai Kota Pahlawan. Semoga dapat menambah wawasan dan khazanah keilmuan.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini