Share

Sosok Agus Muslim, Bomber Polsek Astana Anyar yang Baru Bebas dari LP Nusakambangan

Fahmi Firdaus , Okezone · Rabu 07 Desember 2022 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 337 2722512 sosok-agus-muslim-bomber-polsek-astana-anyar-yang-baru-bebas-dari-lp-nusakambangan-Ty6lPh4S6x.jpg Agus Muslim/Tangkapan layar media sosial

JAKARTA – Agus Muslim, pelaku bom bunuh diri Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, ternyata mantan narapidana terorisme (Napiter). Pria 34 tahun ini diketahui telah bebas murni pada 2021 dari Lembaga Permasyarakatan (LP) Pasir Putih, Nusakambangan.

(Baca juga: Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar, Aipda Sofyan Meninggal di Rumah Sakit)

Penelusuran Okezone, Agus Muslim alias Abu Muslim, merupakan salah satu pelaku bom panci di Lapangan Pendawa, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, pada Februari 2017 silam.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, Agus Muslim juga terafiliasi dengan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

"Namun demikian yang bisa kami jelaskan bahwa pelaku terafiliasi dengan kelompok JAD Bandung, Jabar," kata Sigit di Polsek Astana Anyar, Rabu (7/12/2022).

Dikatakan Sigit, identitas pelaku diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan sidik jari dan Face Recognition. Polisi memastikan pelaku bom bunuh diri Polsek Astana Anyar adalah Agus Sujatano alias Agus Muslim.

"Yang bersangkutan pernah ditangkap karena peristiwa bom Cicendo dan sempat dihukum empat tahun di bulan September atau Oktober 2021 lalu yang bersangkutan bebas," ujar mantan Kapolda Banten ini.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Lebih dalam, kata Sigit, dari hasil penyelidikan sementara ditemukan ada barang bukti bertuliskan penolakan terhadap pengesahan KUHP baru yang ditemukan dari barang bukti terduga pelaku.

"Kemudian Di TKP kita temukan ada belasan kertas yang bertuliskan protes penolakan terhadap rancangan KUHP yang baru saja disahkan dimana didalamnya membahas masalah zinah dan sebagainya," tutup Sigit.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini