Share

Bom Polsek Astana Anyar, BNPT Tak Mau Disebut Kecolongan

Erfan Maruf, MNC Portal · Rabu 07 Desember 2022 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 337 2722490 bom-polsek-astanaanyar-bnpt-tak-mau-disebut-kecolongan-YpjUIcMSeX.jpg Ilustrasi/ Foto: Okezone

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli membantah telah kecolongan atas peristiwa serangan bom bunuh diri yang terjadi Markas Polsek Astanaanyar Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Boy menyebut jika istilah 'kecolongan' tersebut tidak tepat jika digunakan untuk peristiwa tersebut. Dia menilai bahwa istilah 'kecolongan' lebih tepat digunakan untuk mengambil barang tanpa permisi.

 BACA JUGA:Cerita Warga soal Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar : Suara Menggelegar hingga Tanah Bergetar

"Istilah kecolongan itu tidak pas ya, jadi kalau peristiwa seperti itu bukan kecolongan. Kalau kecolongan itu, mengambil barang milik orang lain sebagian atau seluruhnya tanpa izin ya. Itu nyolong," kata Boy di Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Lebih lanjut dia m ngatain bahwa pelaku teroris berani melakukan aksi di mana pun tanpa memiliki rasa takut. Bahkan gerakan pelaku teror terbilang irasional.

 BACA JUGA:Polisi: Pelaku Bawa Dua Bom, Satu Melekat di Badan dan Lainnya di Sekitar Polsek Astaanyar

Pelaku mencari cela waktu dan sasaran yang ditargetkan. Yang sering menjadi sasaran adalah kantor polisi sebagai institusi yang dianggap sering menggagalkan aksinya.

"Jadi, dia bisa jadi ketika semua kita sedang tertidur, kita tidak ada di tempat, kita tidak ada di tempat. Tapi dilihat ada simbol-simbol yang layak untuk diserang, dilakukan itu," jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Akibat ledakan yang terjadi di Mapolsek Astana Anyar, Kota Bandung sebanyak 11 orang menjadi korban. Kemudian seorang pelaku tewas di tempat.

"Akibat ledakan itu 11 orang menjadi korban terdiri dari 10 anggota polisi, satu anggota meninggal dunia atas nama Sofyan," kata Kpolda Jabar Irjen Pol Suntana di kawasan Mapolsek Astanaanyar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini