Share

TV Analog Padam di Jogja, DPR: Empati ke Rakyat, Biaya Produksi Rp50 Ribu, Harga STB Kok Rp600 Ribu?

Tim Okezone, Okezone · Selasa 06 Desember 2022 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 337 2721528 tv-analog-padam-di-jogja-dpr-empati-ke-rakyat-biaya-produksi-rp50-ribu-harga-stb-kok-rp600-ribu-TV3uUvTIru.jpg Tangkapan layar media sosial

JAKARTA – Kebijakan suntik mati siaran TV analog atau analog switch off (ASO) terus menjadi sorotan di masyarakat. DPR sebelumnya mengingatkan agar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tidak menjadikan pengadaan dan sertifikasi Set Top Box (STB) sebagai ajang bisnis.

(Baca juga: Anggota DPRD Bekasi Sebut Masyarakat Terbebani Membeli STB)

Anggota DPR RI dari PKS Dapil Yogyakarta, Sukamta mengkritisi mahalnya harga Set Top Box (STB) TV Digital di Yogyakarta. Bahkan, banyak masyarakat di Yogyakarta yang belum bisa membeli STB.

Oleh karena itu, dia mendesak Kominfo untuk segera mengatasi tingginya harga STB yang kian mencekik rakyat kecil di Yogyakarta.

β€œDalam evaluasi pendistribusian Set Top Box TV Digital saya minta Kominfo untuk segera mengatasi melonjaknya harga STB di masyarakat,” ujarnya dikutip dari akun TikTok @drsukamta, Selasa (6/12/2022).

Dikatakannya, masyarakat kelas menengah yang tidak mendapatkan jatah STB, saat ini kesulitan membeli karena harganya yang mencapai Rp 600 ribu. Padahal sebelumnya kata dia, harga STB di Yogyakarta hanya sebesar Rp150 ribu. "Yang agak simpati gitu loh kepada masyarakat," pungkasnya.

Sekadar diketahui,penghentian siaran TV Analog merupakan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Follow Berita Okezone di Google News

Dalam keterangan resminya, Kominfo menyampaikan bahwa ada bantuan STB yang berasal dari Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) untuk Rumah Tangga Miskin Ekstrem (RTM).

"Bantuan STB hanya untuk RTM yang nama dan alamatnya tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial," ujar Kominfo.

Kemudian, Kominfo mengaku bahwa penerapan Analog Switch Off (ASO) di Jabodetabek terselenggara setelah hampir 100 persen RTM menerima bantuan STB dari komitmen LPS.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini