Share

Kisah Pisau Komando Raksasa Kopassus Tertancap di Gunung Manik

Tim Okezone, Okezone · Selasa 06 Desember 2022 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 337 2721203 kisah-pisau-komando-raksasa-kopassus-tertancap-di-gunung-manik-jIhPd5vOob.jpg Tangkapan layar media sosial

JAKARTA – Bagi Anda yang biasa melewati Bandung-Cianjur via Cipatat mungkin sudah tidak asing dengan pemandangan sebuah pisau komando raksasa yang tertancap di Gunung Manik, Desa Citatah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

(Baca juga: Bagaimana Nasib Serda Ucok Sekarang Usai Janjinya Berantas Habis Preman?)

Gunung Manik banyak menyimpan misteri dan cerita misteri turun temurun di masyarakat sekitar. Bahkan, keberadaan pisau raksasa di atasnya kerap dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis.

Selain itu, ada segelintir orang yang mengaitkan pisau komando itu dengan peristiwa bencana Tsunami Aceh pada 2004. Disebutkan, pada malam hari sangkur tersebut akan terlihat menyala.

Dilansir beragam sumber, pisau komando setinggi 8 meter tersebut ternyata sebuah monumen yang dibuat oleh kesatuan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus.

Diketahui, Gunung Manik juga merupakan tempat latihan para prajurit TNI. Bahkan, sejak tahun 1965 Gunung Manik sudah digunakan sebagai tempat latihan prajurit RPKAD (Kopassus).

Follow Berita Okezone di Google News

Pisau komando raksasa di Gunung Manik itu terlihat jelas ketika berkendara di jalan nasional yang mengarah dari Padalarang menuju Cianjur ataupun sebaliknya.

Pondasinya menggunakan sebuah style box yang merupakan peninggalan Belanda. Di sekitarnya juga terdapat lampu yang menyala pada malam hari, sehingga membuat pisau tersebut terlihat terang benderang.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini