Share

Wapres Minta Pemda Lakukan Mitigasi Bencana

Binti Mufarida, MNC Portal · Senin 05 Desember 2022 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 337 2721121 wapres-minta-pemda-lakukan-mitigasi-bencana-j5jArg320U.jpg Wapres KH Ma'ruf Amin (Foto: Setwapres BPMI)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta agar pemerintah daerah (Pemda) melakukan mitigasi bencana. Mengingat, peristiwa bencana yang melanda akan menimbulkan keprihatinan, tidak saja bagi pemerintah daerah tetapi juga pemerintah pusat.

“Kita memang sudah memerintahkan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten, terutama mereka yang merupakan daerah bencana untuk melakukan antisipasi dan mitigasi terhadap hal-hal yang mungkin akan terjadi,” kata Wapres di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Senin (5/12/2022).

Menurut Wapres, pemerintah daerah dapat melakukan mitigasi bencana dengan memberikan peringatan potensi bencana kepada masyarakat dan melakukan persiapan terhadap terjadinya bencana, termasuk anggaran pemerintah daerah untuk bencana.

Baca juga: Wapres Pastikan Hadiri Pernikahan Kaesang: Bagian dari Keluarga Saya Sendiri

“Warning kepada masyarakat, kemudian juga persiapan-persiapannya, termasuk anggaran yang harus juga disiapkan,” jelas Wapres.

Wapres meminta agar kesiapsiagaan masyarakat juga perlu ditingkatkan. Mengingat, bencana merupakan urusan bersama. Sehingga, dalam menghadapi bencana tidak hanya pemerintah saja namun juga masyarakat.

Baca juga: Wapres Yakin Yudo Margono Mampu Jaga Kondusivitas pada Tahun Politik

“Selain di pusat dan juga tentu aparat di daerah itu Badan Penanggulangan di daerah dan ini semua kita sudah minta mereka untuk terus bersiap diri menghadapi berbagai kemungkinan (bencana),” tegasnya.

 

Follow Berita Okezone di Google News

(fkh)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini