Share

Ini Alasan Ricky Rizal Ubah Keterangan Usai Ditunjukkan BAP Bharada E

Ari Sandita Murti, MNC Portal · Senin 05 Desember 2022 17:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 337 2721020 ini-alasan-ricky-rizal-ubah-keterangan-usai-ditunjukkan-bap-bharada-e-2g831qPu6E.jpg Ini alasan Ricky Rizal ubah keterangan setelah ditunjukkan BAP Bharada E. (MNC Portal/Ari Sandita Murti)

JAKARTA - Terdakwa dugaan kasus pembunuhan Brigadir J, Ricky Rizal, mengaku mengubah keterangannya dalam berita acara pemeriksaan (BAP) usai ditetapkan sebagai tersangka. Salah satu alasannya mengubah BAP karena BAP Bharada E atau Richard Eliezer juga berubah.

"Tanggal 8 saya ubah (keterangannya). Saya hanya ingin ceritakan apa yang sebenarnya terjadi. Waktu itu saya ditetapkan sebagai tersangka tanggal 7, malamnya saya diminta untuk berpikir. Sudah jujur saja, kamu susah kalau enggak jujur nantinya," ujar Ricky dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022).

Menurut Ricky, pada tanggal 7 itu dia dibawa dari tahanan untuk bertemu sejumlah orang yang tak diingatnya di salah satu ruangan pidana umum. Dia diminta berkata jujur dan membaca Alquran dahulu.

Pada tanggal 8 itu, Ricky mengaku ditunjukkan BAP Bharada E yang isinya berbeda dengan apa yang disampaikan Ferdy Sambo terkait tembak-menembak. Padahal sebelum ditetapkan sebagai tersangka, Ferdy Sambo meminta dia untuk tetap mempertahankan keterangannya soal kronologi penembakan Brigadir J.

"Setelah saya ditetapkan sebagai tersangka, saya ditahan langsung, sebelumnya kan saya masih di Rumah Saguling. Setiap pulang pemeriksaan pasti saya selalu ditanya. Kamu ceritakan apa, kamu sudah bertahan saja, seperti itu terus. Saya juga malam itu selalu salat, menangis, tapi masih di Rumah Saguling," tutur Ricky.

Usai diperiksa polisi dan tepat sebelum dijadikan tersangka, kata Ricky, Sambo selalu bertanya padanya dan memintanya mempertahankan keterangannya itu. Hal ini membuatnya ketakutan. Setelah ditetapkan tersangka, Ricky Rizal menuliskan testimoni atas BAP Bharada E.

"BAP Richard disampaikan itu sebelum atau sesudah saudara membuat testimoni? Saudara serahkan kepada?" tanya hakim.

"Sesudah Yang Mulia. Penyidik," jawab Ricky.

"Terus saudara diberi tahu BAP Richard? Jadi, saudara mengubah keterangan saudara setelah ditetapkan sebagi tersangka?" tanya hakim.

"Iya. Setelah saya ditetapkan sebagai tersangka, malam itu saya langsung ditahan dan disel. Siap," jawab Ricky.

Follow Berita Okezone di Google News

Ricky mengaku kaget saat tahu BAP Richard menjelaskan peristiwa Brigadir J tewas pasca ditembak Ferdy Sambo. Namun sebelum itu, dia sudah lebih dahulu menyampaikan peristiwa sesuai fakta yang diketahuinya. Ia juga sempat menuliskan testimoninya soal peristiwa yang dijelaskan Bharada E.

"Setelah itu saya baru menyampaikan yang sebenarnya," ujar Ricky.

"Seandainya saudara tidak ditetapkan sebagai tersangka, saudara tidak mengubah keterangan saudara? Memengaruhi tidak keterangannya Richard?" tanya hakim.

"Ketika kami pulang ke Saguling Yang Mulia setelah pemeriksaan, pasti Bapak menanyakan, terus bilang kamu bertahan saja, saya juga takut. Setelah saya mengakui, termasuk memengaruhi Yang Mulia," kata Ricky.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini