Share

Prabowo Blak-blakan Ungkap Rahasia Teknik Berpidato

Erha Aprili Ramadhoni, Okezone · Senin 05 Desember 2022 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 337 2720708 prabowo-blak-blakan-ungkap-rahasia-teknik-berpidato-K5k44UXQXn.jpg Prabowo Subianto (MNC Portal/Aldhi Chandra)

BANDUNG - Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menyambangi para kader DPD Gerindra Jawa Barat di Bandung, Minggu (4/12/2022). Dalam kegiatan itu, Prabowo mengungkapkan rahasia teknik pidatonya agar menarik audience.

Salah satu rahasianya adalah meninggikan suara saat dibutuhkan agar audience yang mendengarkan tetap bersemangat.

"Kenapa saya bicara meledak-ledak? Kenapa saya bicara kadang-kadang dengan suara keras? Kenapa? Karena ada kadang-kadang yang ngantuk di belakang itu," ucap Prabowo sambil tertawa.

Pernyataan Prabowo mengundang gelak tawa dari para kader. Tak hanya itu, Prabowo juga mencontohkan kader yang kerap terbangun ketika ia meneriakkan kata "perjuangan" dalam pidatonya.

"Itu teknik pelatih saya dulu di Batujajar. Prajurit kalau lelah (akan dikagetkan). Kasihan tadi ada emak-emak mungkin (datang) dari jauh, begitu ada yang ngantuk, suara saya, saya kerasin sedikit. Itu rahasianya," ujarnya.

Kerap berpidato tanpa menggunakan teks, Prabowo mengatakan, saat berpidato, ia ingin berbicara dari hati.

"Saya bicara tidak pakai teks, tidak ada tulisan. Saya bicara dari hati saya," ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Prabowo mengungkap tips lainnya saat berpidato adalah menyelipkan humor atau guyon. Hal ini kerap dilakukannya hampir dalam setiap pidato.

Dalam pertemuan itu Prabowo juga memberikan sejumlah arahan.

Salah satunya adalah kesetiaan pada rakyat harus menjadi dasar langkah para kader membangun bangsa.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini