Share

Jokowi Pulang ke Solo Gelar Rapat Persiapan Pernikahan Kaesang-Erina Gudono

Ary Wahyu Wibowo, Koran Sindo · Minggu 04 Desember 2022 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 04 337 2720338 jokowi-pulang-ke-solo-gelar-rapat-persiapan-pernikahan-kaesang-erina-gudono-HpdoSp2odG.jpeg Presiden Jokowi. (Foto: Ary Wahyu)

SOLO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat persiapan pernikahan putra bungsunya Kaesang Pangarep yang mempersunting Erina Gudono. Rapat digelar di Danar Hadi, Jalan Slamet Riyadi, Nomor 261, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Minggu (4/12/2022).

Rapat berlangsung tertutup dan dihadiri sejumlah menteri, di antaranya Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi.

Usai rapat, Presiden Jokowi menyatakan bahwa dirinya mengikuti rapat terakhir persiapan pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono.  Untuk akad nikah akan dilangsungkan pada Sabtu (10/12/2022) di Yogyakarta.

 Baca juga: Ketika Mobil Presiden Jokowi Terjebak Macet di Solo

Kemudian untuk tasyakuran digelar di Kota Solo pada MInggu (11/12/2022) pada pagi dan malam. Jokowi menyebut persiapan telah mencapai 99 persen.

“Alhamudillah sudah dipersiapkan dengan baik,” kata Jokowi.

Menjelang pernikahan Kaesang-Erina, Jokowi mengaku masih tetap menjalankan tugas seperti biasanya. Nanti malam dirinya terbang lagi ke Jakarta karena masih banyak agenda yang harus diselesaikan. Dirinya akan melihat situasi, dan kemungkinan Jumat mendatang akan kembali lagi ke Solo.

“Tapi kalau ibu (Iriana Jokowi) sudah di sini dua minggu,” katanya.

Dikatakannya, keberangkatan kirab mempelai mengantin dimulai dari Loji Gandrung (Rumah Dinas Wali Kota Solo) dan tasyakuran digelar di Pura Mangkunegaran. Sedangkan mengenai prosesi upacara adat Jawa, Jokowi mengaku tidak terlalu hafal.

Ditanya mengenai alasan acara resepsi digelar di Pura Mangkunegaran, tidak seperti ketika pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu yang dilaksanakan di Gedung Graha Saba Buana, Jokowi mengaku karena gedungnya dipakai.

“Gedungnya kepakai, sebetulnya kita punya Gedung sendiri yang dulu Mas Gibran, Mbak Ayang di situ. Tapi gedung sudah dibooking oleh masyarakat. Ya kita nggak bisa mentang-mentang gedungnya sendiri, langsung disuruh pindah harinya atau pindah gedung. Alasannya cuma itu,” ucapnya.

Jokowi mengatakan bahwa perhelatan digelar siang dan malam. Sedangkan jam-jamnya diatur untuk manajemen agar aliran tamu berjalan baik.

Terkait pernikahan Kaesang-Erina Gudono, telah ditunjuk sebagai juru bicara adalah Gibran Rakabuming Raka dan adik ipar Jokowi, Anwar Usman yang merupakan Ketua Mahkamah Konstitusi.

Jokowi menyebut calon mempelai pria Kaesang Pangarep sampai kini masih terus bekerja jelang acara pernikahannya.

“Dipingit di Jakarta di kantornya, yang mingit kantornya, disuruh berhenti kerja terus gimana. Minggu minggu saya telepon juga masih kerja,” ucapnya. 

Follow Berita Okezone di Google News

Ditanya mengenai sosok calon menantunya Erina Gudono, Jokowi menyebut sebagai wanita Jawa yang baik.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat, baik yang di Yogyakarta maupun di Kota Solo atas kegiatan pernikahan Kaesang-Erina Gudono.

“Apabila nantinya di dalam acara tersebut menggangu perjalanan lalu lintas yang ada, kami minta maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Jogja dan Solo. Semoga tidak ada yang terganggu, tapi kalau ada, kami mohon maaf yang sebesar besarnya,” ucap Jokowi. 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini