Share

Humor Gus Dur: Ketika Kiai Mengumpat, Janjinya Bikin 'Ketar-Ketir'

Tim Okezone, Okezone · Minggu 04 Desember 2022 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 337 2719897 humor-gus-dur-ketika-kiai-mengumpat-janjinya-bikin-ketar-ketir-YtVaDiQHQz.jpg Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur (Foto: NU Online)

JAKARTAPresiden RI ke-4 KH Abdurarrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur diketahui kerap melontarkan humor. Humor ini digunakan untuk meredakan ketegangan politik kala itu.

Salah satunya adalah kisah tentang dua kiai yang gaya-gayaan main golf yang dilansir dari buku ‘Gus Dur Santri’. Dua kiai ini rupanya hobi main golf ala kelas atas.

Gus Dur pun bercerita, suatu hari ada dua orang kiai yang sedang bermain golf, sebut saja Kiai X dan Kiai Z. Kiai X termasuk yang sudah lancar dalam bermain golf. Sedangkan teman bermain golfnya hari itu Kiai Z tidak terbiasa.

Baca juga:  Humor Gus Dur: Dicegat Motor Gede Milik Polisi Usai Ceramah, Apa yang Terjadi?

Sehingga Kiai Z selalu mengalami kesulitan dalam mengayunkan stik dan memukul bola. Setiap pukulannya meleset, kiai Z selalu mengumpat.

Baca juga: Humor Gus Dur: Bedanya Neraka Indonesia dari yang Lain, Bikin Antrean Panjang

“Sialan, tidak kena!,” terang Kiai Z.

Kiai X merasa tidak nyaman juga terus menerus mendengar umpatan Kiai Z tersebut, lalu dia pun mengingatkan temannya itu.

“Kiai, kita ini kan kiai yang harus menjadi contoh baik bagi masyarakat. Tidak baik kedengarannya deh kalau sampai mereka mendengarmu mengumpat keras seperti itu!,” ujar Kiai X.

Follow Berita Okezone di Google News

“Maaf kiai, saya janji akan berhenti mengumpat, dan kalau sekali lagi saya mengumpat, lebih baik saya disambar petir saja,” jawab kiai Z.

Beberapa jam pun berlaludan tidak terjadi apa-apa. Tapi kemudian Kiai Z lupa janjinya. Saat dia memukul bola dan kembali meleset, dia pun mengumpat lagi

“Sialan, tidak kena!,” ungkapnya.

Tepat pada saat kiai itu mengucapkan umpatan tersebut, terdengarlah petir menyambar sebatang pohon yang berdiri tepat di belakang mereka.

Kedua kiai itu pun terdiam mematung karena sangat terkejut. Sebelum mereka tersadar kembali, mereka mendengar suara dari langit.

“Sialan, tidak kena!.”

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini