Share

Wapres : Puncak Varian Baru XBB Sudah Terlewati, Sekarang Kasus Menurun

Binti Mufarida, MNC Portal · Sabtu 03 Desember 2022 06:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 337 2719733 wapres-puncak-varian-baru-xbb-sudah-terlewati-sekarang-kasus-menurun-K3owggl4md.jpg Wapres KH Mar'uf Amin. (Dok Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyebutkan puncak varian baru XBB yang merupakan sub varian Omicron saat ini sudah terlewati. Hal itu berdasarkan laporan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Wapres menyebutkan, saat ini tren kasus Covid-19 sudah mulai menurun.

“Menurut Kementerian Kesehatan, tertinggi atau puncak dari varian baru itu di bulan November ya. Dari bulan November itu sekarang posisinya (kasus) menurun itu dari Kementerian Kesehatan,” ucap Wapres dalam keterangan yang diterima, Jumat (2/12/2022).

Namun, Wapres meminta masyarakat tetap waspada terutama menjaga protokol kesehatan (prokes). Dia pun mendorong masyarakat segera melengkapi vaksinasinya, bahkan booster kedua yang saat ini sudah dimulai pada lansia, untuk menciptakan kekebalan komunitas.

“Oleh karena itu pertama itu mengenai masalah vaksinasi yang terus kita, kita terus dorong bahkan juga booster kedua. Kemudian prokes masih tetap,” kata Wapres.

Selain itu, Ma'ruf mengatakan, saat ini masih diterapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 di berbagai daerah sebagai upaya untuk menekan transmisi penularan kasus Covid-19.

“Level 1 di berbagai daerah masih tetap dipertahankan.”

Follow Berita Okezone di Google News

“Jadi pada masyarakat prokes tetap, pemakaian (masker), ini artinya memang diserukan. Dan yang juga sekarang baru itu adalah booster yang kedua, itu untuk menangkal (virus),” tuturnya.

Wapres mengatakan saat ini seluruh wilayah Indonesia masih diberlakukan PPKM level 1, dan belum dinaikkan. “Belum dulu, belum. Kita lihat dulu ya, masih level nya masih level 1, belum ada yang dinaikkan, dipertahankan (level 1).”

“Tapi prokes tetap dijaga kemudian booster, vaksinasi booster yang kedua itu kita dorong. Ini kan kita ingin supaya kekebalan masyarakat itu dicapai, kan belum dicapai,” tuturnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini