Share

374 Kali Gempa Susulan di Cianjur, BMKG: Aktivitasnya Semakin Melemah

Binti Mufarida, MNC Portal · Jum'at 02 Desember 2022 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 337 2719642 374-kali-gempa-susulan-di-cianjur-bmkg-aktivitasnya-semakin-melemah-mxTAozXM9B.jpeg Kepala BMKG, Dwikorita (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati melaporkan dari hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa hingga Jumat 2 Desember 2022 pukul 18.00 WIB, terjadi sebanyak 374 kali gempa susulan (aftershocks) pasca gempa magnitudo (M)5,6 Cianjur, Jawa Barat.

Bahkan, kata Dwikorita, kekuatan gempa susulan semakin melemah dengan magnitudo terbesar 4,2 dan magnitudo terkecil 1,0.

“Perkembangan hasil monitoring gempa-gempa susulan sampai hari ini masih terjadi tetapi semakin-semakin melemah dan kekuatannya sudah mencapai 1, ini berarti sudah tidak dirasakan,” ungkap Dwikorita saat Konferensi Pers secara virtual, Jumat (2/12/2022) malam.

 BACA JUGA:Update Gempa Cianjur, Jumlah Pengungsi Capai 114.683 Jiwa

Dwikorita juga mengatakan, jika mayoritas gempa-gempa susulan di Cianjur semakin tidak dirasakan oleh masyarakat.

“Mayoritas tidak dirasakan meskipun kadang-kadang ada yang fluktuatif meningkat menjadi dirasakan, namun tidak apa tidak mencapai kekuatan mencapai 5 ya, seperti gempa awalnya,” bebernya.

 BACA JUGA:Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur Melimpah, Polisi Kawal Ketat Distribusi Logistik

Lebih lanjut, Dwikorita memastikan, gempa susulan di Cianjur aktivitasnya semakin jarang, semakin meluruh, dan semakin stabil.

“Jadi tadi saya katakan makin jarang aktivitas, gempa-gempa susulan ini terlihat datanya aktivitasnya semakin meluruh, semakin stabil,” pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(wal)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini