Share

Dua Jenderal Dekat dengan Gus Dur, Nomor 1 Prabowo Subianto

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 03 Desember 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 337 2719305 dua-jenderal-dekat-dengan-gus-dur-nomor-1-prabowo-subianto-dB9uISvhE8.jpg Gus Dur (Foto: istimewa/Okezone)

JAKARTA - Pada masa kepemimpinan Gus Dur, beberapa jenderal diketahui memiliki hubungan yang cukup dekat dengannya. Siapa saja mereka? Berikut dua jenderal yang dikenal dekat dengan Gus Dur.

1. Prabowo

Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto merupakan salah satu jenderal yang mempunyai kedekatan dengan mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Prabowo menuturkan, bahwa dia kerap menjalin komunikasi informal dengan Presiden RI keempat itu. Bahkan hubungannya yang sangat dekat itu membuat Prabowo bisa masuk ke dalam kamar tidur Gus Dur.

Awal mula Prabowo dan Gus Dur bisa mempunyai hubungan yang dekat karena keluarga mereka ternyata saling bertetangga. Dengan kedekatannya itu, Prabowo mendapatkan banyak pembelajaran dari hal-hal yang sederhana sampai persoalan yang serius. Prabowo juga menuturkan bahwa ia pernah menjadi tukang pijatnya Gus Dur.

Humor Gus Dur: Bedanya Neraka Indonesia dari yang Lain, Bikin Antrean Panjang

2. Benny Moerdani

Jenderal TNI (Purn) Benny Moerdani juga merupakan salah satu jenderal yang dikenal dekat dengan Gus Dur. Hal itu ditandai dengan ketika Benny melakukan lawatan ke sejumlah pesantren, ia kerap ditemani oleh Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Misalnya, sebulan setelah peristiwa Tanjung Priok, Benny ditemani Gus Dur melakukan safari ke sejumlah pesantren, termasuk ke Lirboyo, Kediri pada November 1984.

Baca juga: Demi Pertahankan Tanah Air, 3 Jenderal Ini Nyaris Meninggal di Medan Tempur

Hubungan antara Gus Dur dengan Benny terjalin sangat baik walaupun keduanya memiliki pandangan yang berbeda. Keduanya sama-sama pluralis dan nasionalis. Mereka sudah berteman sejak 1970-an. Gus Dur dan Benny Moerdani sama sama saling memanfaatkan. Benny butuh bantuan, Gus Dur sebagai pembuka pintu.

Follow Berita Okezone di Google News

(fkh)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini