Share

Sejumlah Isu Dibahas saat Fit and Proper Test Yudo Margono: Dari Alutsista hingga Mitigasi Keamanan

Achmad Al Fiqri, MNC Portal · Jum'at 02 Desember 2022 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 337 2719124 sejumlah-isu-dibahas-saat-fit-and-proper-test-yudo-margono-dari-alutsista-hingga-mitigasi-keamanan-TfSsAKl3LP.jpg KSAL Laksamana TNI Yudo Margono (Foto: istimewa/Okezone)

JAKARTA - Komisi I DPR RI menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono di Gedung Parlemen, Jakarta, pada hari ini, Jumat (2/12/2022).

Dalam fit and proper test itu, Komisi I DPR RI bakal mendalami sejumlah isu mulau dari Alutsista hingga mitigasi keamanan.

"Ya pasti isu-isu aktual ya, baik misalnya peremajaan alutsista dengan keterbatasan anggaran, situasi Papua, penegakan hukum, terus juga potensi mitigasi keamanan," kata anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2022).

Dave mengatakan, terdapat sejumlah daerah yang perlu dirancang mitigasi keamanan seperti Papua, Selat Malaka, hingga Laut China Selatan.

"Bagian Selatan Indonesia itu juga butuh penjelasan dari beliau, sementara wilayah luas dan ancaman itu besar, itu kita ingin perdalam, gimana beliau. Apakah kita butuh kapal induk misalnya," tuturnya.

Baca juga: Sebelum Fit And Proper Test Calon Panglima TNI, DPR Akan Verifikasi Berkas Laksamana Yudo

Sebagai informasi, Komisi I DPR RI Kan menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon Panglima TNI Yudo Margoni Jumat (2/12/2022). Rencana itu dilakukan setelah ada keputisan dari Badan Musyawarah (Bamus DPR RI).

Baca juga: DPR: Tak Ada Isu Khusus saat Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

"Sesuai keputusan Bamus, besok Komisi I akan melaksanakan uji kelayakan untuk calon Panglima TNI," kata Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (1/12/2022).

Follow Berita Okezone di Google News

Sebelum melaksanakan fit and proper test, kata Hasanuddin, pihaknya akan melakukan verifikasi data pribadi Yudo Margono. Dalam proses itu, sambungnya, akan dilakukan oleh pimpinan Komisi I DPR RI dan perwakilan fraksi di DPR RI.

"Lalu jeda, salat Jumat dan sebagainya. Pada pukul 13.30 kita akan mulai dengan fit and proper test," terang Hasanuddin

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini