Share

Pengacara Hendra Kurniawan Cecar Saksi Soal Kombes Eduard Pardede Pernah Diperiksa Paminal

Ari Sandita Murti, MNC Portal · Kamis 01 Desember 2022 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 337 2718476 pengacara-hendra-kurniawan-cecar-saksi-soal-kombes-eduard-pardede-pernah-diperiksa-paminal-0LDOBDsrwy.jpg Hendra Kurniawan (Foto: Antara)

JAKARTA - Pengacara terdakwa kasus dugaan obstruction of justice pembunuhan berencana Brigadir J, Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria mencecar anggota Propam Polri, Radite Hernawa terkait Kombes Pol Eduard Pardede yang menjadi penyidik dalam perkara kliennya tersebut.

"Saudara saksi kenal nggak Kombes Edward Pardede SIK?" tanya pengacara terdakwa di persidangan, Kamis (1/12/2022).

"Tidak kenal," jawab Radite.

Pengacara lantas mencecar Radite tentang jabatannya sebagai Wakaden C di Biro Paminal Polri. Di mana saksi telah menjadi anggota Paminal Polri selama hampir 10 tahun, namun tak mengenali Kombes Pol Edward Pardede.

Tim pengacara Hendra Kurniawan lantas menyebutkan bahwa Kombes Pol Edward Pardede merupakan penyidik dalam kasus Hendra Kurniawan.

Baca juga: Anggota Propam Polri Sebut Perkadiv Tak Atur Soal Penyidikan Biro Paminal

"Dia (Kombes Edward Pardede) bertugas di Siber, masih belum kenal, masih belum ingat?" tanya pengacara.

"Nggak ingat," tutur Radite.

Baca juga: Sempat Mangkir, Dua Saksi Hadiri Sidang Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria Hari Ini

"Pernah tahu nggak saudara saksi Kombes Edward pernah diperiksa di Biro Paminal?" tanya pengacara lagi.

"Tidak ingat," jawab Radite.

Follow Berita Okezone di Google News

Dia pun lantas menyinggung soal Perkap terkait kode etik profesi Polri Pasal 14 yang berisi, setiap anggota Polri dalam melaksanan tugas penegakan hukum sebagai penyelidik, penyidik, pembantu dan penyidik, dilarang menangani perkara yang berpotensi menimbulkan konflik kepentingan.

Radite lalu menerangkan bahwa dirinya tak paham dengan peraturan yang disebutkan pengacara itu.

"Apakah Kombes Edward Pardede yang pernah diperiksa di Paminal kemudian menjadi pemeriksa di Bareskrim dengan tesangka Karo Paminal, apakah itu tak benturan kepentingan atau konfik kepentingan?" tanya pengacara.

Mendengar pertanyaan itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) pun mengajukan keberatan di persidangan. Hakim lalu menengahi, saksi Radite mengaku tidak kenal dengan orang dimaksud, termasuk dengan tugas orang yang disebutkan pengacara itu.

"Baik Yang Mulia, kami hanya mau menyampaikan fakta persidangan bahwasanya penyidik dalam kasus ini adalah orang yang pernah diperiksa di Paminal," kata pengacara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini