Share

Mengenal Tatang Koswara, Legenda Sniper di Indonesia yang Mampu Menembak Kepala Musuh dari Jarak 600 Meter

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Kamis 01 Desember 2022 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 337 2718367 mengenal-tatang-koswara-legenda-sniper-di-indonesia-yang-mampu-menembak-kepala-musuh-dari-jarak-600-meter-F5BVGUGtUB.jpg Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA- Mengenal Tatang Koswara, legenda sniper di Indonesia yang mampu menembak kepala musuh dari jarak 600 meter menarik untuk dibahas.

Salah satu kisahnya adalah tentang Tatang Koswara, seorang sniper yang melegenda. Ia lahir dari keluarga yang sudah akrab dengan dunia tembak menembak.

Lantas, siapa Tatang? Mari mengenal Tatang Koswara, legenda sniper di Indonesia yang mampu menembak kepala musuh dari jarak 600 meter.

Legenda sniper ini memiliki jabatan Peltu (Purn) Tatang Koswara. Adapun dia lahir di Cibaduyut, Bandung, Jawa Barat pada 12 Desember 1946.

Follow Berita Okezone di Google News

Ayahnya merupakan seorang anggota Kepolisian RI yang ditugaskan sebagai Brimob. Tak heran jika sejak kecil Tatang sudah akrab dengan senapan. Bahkan, di masa kecilnya ia sudah terbiasa menggunakan senapan untuk berburu babi di hutan.

Tatang pertama kali mendaftar sebagai TNI pada 1960an. Saat itu ia menjalani pendidikan di Sekolah Calon Tantama (Secata) yang berlokasi di Pangalengan, Bandung.

Sejak menjadi TNI, kemampuannya dalam hal tembak menembak semakin diakui. Bahkan, Letkol (Inf.) Eddy Sudrajat yang saat itu bertugas sebagai Komandan Pusdiktif (Pusat Pendidikan Infanteri) mengakui kehebatan Tatang.

Salah satu moment yang membuat Tatang Koswara menjadi legenda adalah saat pecahnya konflik Indonesia dan Timor Timur pada 1975. Tepat pada 1977, Tatang Koswara diterjunkan ke Timor Timur dengan dilengkapi senapan Winchester M-70 dan baju kamuflase.

Pada pertempuran tersebut, Tatang berhasil menghabisi puluhan anggota Fretilin. Bahkan, disaksikan oleh Letnan Ginting selaku pengawalnya, Tatang berhasil menembak musuh dari jarak 300 hingga 600 meter.

Kabarnya tatang berhasil mencatatkan kills hingga 41, namun ada juga sumber yang menyebutkan jumlah kills Tatang mencapai 49 bahkan lebih.

Demikian kisah kehebatan Tatang Koswara, Legenda Sniper di Indonesia yang Mampu Menembak Kepala Musuh dari Jarak 600 Meter.

 (RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini