Share

BMKG Deteksi Dua Bibit Siklon Tropis 94W dan 95S, Waspadai Dampak Cuacanya!

Binti Mufarida, MNC Portal · Kamis 01 Desember 2022 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 337 2718216 bmkg-deteksi-dua-bibit-siklon-tropis-94w-dan-95s-waspadai-dampak-cuacanya-0MeYCBng5O.jpg Ilustrasi/ Doc: Okezone

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya dua Bibit Siklon Tropis yakni 94W dan 95S. Kedua Bibit Siklon Tropis tersebut bisa berdampak pada cuaca di wilayah Indonesia.

“Bibit Siklon Tropis 94W terpantau di sekitar wilayah Maluku Utara yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang di laut Sulawesi. Bibit Siklon Tropis 95S terpantau di teluk Carpentaria yang membentuk low level jet udah pencet yang memanjang dari Laut Arafuru hingga Australia utara bagian timur,” ungkap BMKG dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (1/12/2022).

 BACA JUGA: Cuaca di DKI Jakarta Hari Ini : Cerah Sepanjang Hari

BMKG mengungkapkan kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah Bibit Siklon Tropis dan di sepanjang daerah konvergensi atau low level jet tersebut.

Sementara itu, BMKG juga mendeteksi adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di sekitar wilayah Kalimantan Barat bagian utara Malaysia bagian timur daerah konvergensi terpantau memanjang di wilayah Laut Natuna Utara, dari Laut Natuna hingga Kalimantan Barat bagian barat.

 BACA JUGA:Ribuan Ikan Laut Naik ke Daratan di Kepulauan Seribu, BMKG: Tenang, Ini Bukan Tanda Gempa

Kemudian, dari Samudra Hindia Barat Bengkulu hingga Riau, dari perairan Selatan Kalimantan Tengah hingga Sulawesi Selatan dari Kalimantan timur hingga Sulawesi Barat, dari Laut Banda hingga laut Aru dan dari Samudra Hindia Selatan Nusa Tenggara Barat hingga laut Sumbawa.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut,” imbau BMKG.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu, BMKG melaporkan berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di Indonesia wilayah yang berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor dengan status siaga pada tanggal 1 Desember 2022 berpotensi terjadi di wilayah Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

“Dan untuk lusa tanggal 2 Desember 2022 berpotensi di wilayah Kalimantan Barat dan Sulawesi Selatan. Karena itu BMKG menghimbau untuk waspada jika sobat beraktivitas di luar rumah dan perbarui informasi prakiraan cuaca saat ini,” imbaunya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini