Share

Menko PMK: 14.490 Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur Siap Dibangun

Binti Mufarida, MNC Portal · Kamis 01 Desember 2022 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 337 2718180 menko-pmk-14-490-rumah-rusak-akibat-gempa-cianjur-siap-dibangun-IXo7saDzIr.png Menko PMK Muhadjir Effendy/ Foto: MPI

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan sebanyak 14.490 rumah rusak yang terdata kerusakannya dan telah diverifikasi siap dibangun kembali.

Data ini, kata Muhadjir, dikunci untuk gelombang pertama proses pembangunan hunian oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pemerintah Daerah, dan Kementerian PUPR. Sementara, jika ada tambahan rumah rusak akan masuk gelombang kedua.

 BACA JUGA:Sempat Hilang, Seorang Pelajar Ditemukan Tewas Mengenaskan di Gorong-gorong

“Data dikunci sementara. Biar tidak tumpang tindih data akan difinalisasi jadi ini kita anggap sebagai batch 1. Sudah kita tutup nanti kemudian kita lanjutkan batch 2,” katanya dalam keterangan yang diterima, Rabu (30/11/2022).

Sementara dalam kunjungan ke tiga kalinya ke Cianjur, Muhadjir mengecek berbagai penanganan yang telah dilakukan oleh BNPB dan Pemerintah Kabupaten Cianjur.

 BACA JUGA:Ramai Warga Selfie di Lokasi Gempa Cianjur, Menko PMK: Bukan Area Wisata!

Dari laporan Kepala BNPB Suharyanto, dan Bupati Kabupaten Cianjur Herman Suherman, dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan di Posko Utama Penanggulangan Darurat Gempa Bumi Cianjur, dilaporkan bahwa penanganan bencana sudah semakin terorganisasi dengan baik. Dari segi bantuan tenda, sandang, pangan, dan logistik juga sudah dapat diberikan sampai ke tempat-tempat yang terisolasi.

Follow Berita Okezone di Google News

“Kendala dan kekurangan pada hari awal gempa sudah bisa diatasi. Termasuk mereka yang tinggal di daerah terisolasi sudah bisa dijangkau sudah bisa mendapatkan bantuan dari posko pusat. Sekarang ini sudah berjalan dengan baik,” ujar Muhadjir.

Kemudian, setelah penanganan bencana telah berlangsung baik, Muhadjir juga mengarahkan agar penanganan bencana segera beralih ke tahap rehabilitasi dan rekonstruksi. “Hal itu sesuai dengan arahan Presiden supaya bisa mempercepat rehabilitasi dan rekonstruksi,” paparnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini