Share

KPK Pantau Pendistribusian Bantuan Gempa Cianjur karena Rawan Dikorupsi

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 30 November 2022 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 337 2718026 kpk-pantau-pendistribusian-bantuan-gempa-cianjur-karena-rawan-dikorupsi-NUfuQc3Hd0.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberi perhatian khusus atau atensi terkait pendistribusian bantuan serta donasi untuk korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. Sebab, berdasarkan data yang dikantongi KPK, bantuan bencana alam rawan dikorupsi.

Demikian disampaikan Ketua KORPRI KPK, Cahya H Harefa saat menyerahkan donasi kemanusiaan kepada korban gempa di Cianjur. Bantuan serta donasi tersebut diserahkan langsung ke Bupati Cianjur, Herman Suherman bersama Sekretaris Daerah, Cecep S. Alamsyah di Pendopo Kabupaten Cianjur, hari ini.

"Dari histori penanganan perkara oleh KPK, pengelolaan dana bantuan kebencanaan menjadi salah satu modus tindak pidana korupsi para pihak yang menyalahgunakan kewenangannya. Kami tidak ingin hal ini terjadi, oleh karena itu KPK juga memberikan atensi dalam pendistribusian donasi bencana Cianjur ini," kata Cahya melalui keterangan resminya, Rabu (30/11/2022).

Cahya menuturkan, KPK melalui Kedeputian Koordinasi Supervisi serta Kedeputian Pencegahan dan Monitoring, secara kontinyu akan melakukan pendampingan kepada pemerintah daerah Cianjur untuk memitigasi dan mencegah terjadinya risiko korupsi dana bantuan alam.

Baca juga: Miris! Puluhan Hoaks Beredar di Tengah Penanganan Gempa Cianjur

Untuk memperlancar pendistribusian donasi ini, sambung Cahya, KORPRI KPK akan menggandeng para komunitas relawan setempat. Diharapkan, seluruh bantuan untuk korban gempa Cianjur tepat sasaran dan tidak disalahgunakan.

Baca juga: Dana Zakat Dialihkan untuk Membantu Korban Bencana Alam, Bagaimana Hukumnya?

"Agar donasi yang disampaikan tersebut bisa segera terdistribusi langsung kepada para korban yang membutuhkan," ungkap Cahya.

Follow Berita Okezone di Google News

"Semoga teman-teman di Cianjur bisa tetap tabah dan kuat menghadapi cobaan ini, dan yang terpenting tetap memiliki semangat untuk kembali pulih dan bangkit," sambungnya.

Sekadar informasi, KORPRI KPK menyalurkan bantuan serta donasi untuk para korban gempa di Cianjur. Hal itu dilakukan sebagai wujud solidaritas dan gotong royong. Donasi yang disampaikan tersebut, kata Cahya, merupakan penggalangan dari para insan KPK yakni Pimpinan, Dewan Pengawas, dan Pegawai.

Donasi tersebut, dibeberkan Cahya, diberikan dalam bentuk uang tunai maupun barang, seperti makanan dan minuman, pakaian, perlengkapan bayi dan anak-anak, peralatan ibadah, perlengkapan mandi, tikar, selimut, hingga tenda.

"Mewakili insan KPK, kami menyampaikan rasa keprihatinan yang mendalam kepada para korban bencana. Dalam kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan donasi semoga bisa membantu para korban yang terdampak bencana ini,” kata Cahya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini